Loading...

LT V Bentuk Pramuka Penggalang Mampu Menjawab Tantangan Jaman

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Berbagai macam lomba ketangkasan Pramuka diselenggarakan  dalam ajang Lomba Tingkat Lima (LT-V) Pramuka Penggalang Tahun 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

LT – V tahun 2017 yang diadakan sejak tanggal 22 sampai 28 Oktober 2017 menggelar 38 macam lomba kepramukaan, seperti lomba meramu obat tradisional, jelajah rimba dan budaya, lomba pemanfaatan media sosial, robotic,  kreasi seni, dan masih banyak lomba menarik lainnya.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional Gerakan Pramuka, Suyatno mengatakan  Lomba Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) 2017, di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur akan dilakukan secara menyeluruh dari sisi mental, pikiran, kreasi seni, dan budaya. Kegiatan gerakan pramuka tentunya dibangun dengan sistem kepramukaan. Kunci dari sistem kepramukaan itu sendiri di antaranya harus dilakukan dialam terbuka dan learning by doing.

“Jadi LT-V itu bukan tujuan, LT ini adalah alat atau sebuah metode untuk mencapai tujuan,” jelas Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional Gerakan Pramuka, Suyatno disela-sela pelaksanaan LT-V di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Minggu (22/10).

Suyatno menambahkan, gerakan pramuka LT-V ini harus dikemas dengan menarik dan menantang. Karena hal itu merupakan tuntutan metode kepramukaan sedunia.

Nantinya para peserta pemenang lomba dalam kategori ke-38 lomba tersebut, diberikan penghargaan kepada peserta yang menjadi pemenang. Dan lomba ini dimainkan dalam bentuk kelompok, dengan tiap-tiap regu berjumlah 8 orang. Ajang lomba ini juga diharapkan dapat membentuk persaudaraan. Ini sesuai dengan tema lomba, yakni : “Persaudaraan, Mandiri, Prestasi”.

Ia menambahkan, bahwa gerakan pramuka harus berbasis kode kehormatan berdasarkan Tri Satya dan Dasa Darma. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membentuk insan produktif. Selain itu juga dapat memberikan pelatihan yang membuat anak muda menjadi sosok yang peduli terhadap sesamanya maupun orang lain.

Kegiatan LT-V diikuti oleh Pramuka Penggalang dari 33 provinsi. Dan dihadiri langsung oleh Ketua Kwarnas, Adyaksa Dault dan Olivia Zalianty sebagai Juri lomba.

Pemenang untuk LT-V tahun ini dimenangkan oleh Pramuka Penggalang provinsi (kwarda) Lampung, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Sementara di kelompok putri dimenangkan oleh kelompok Pramuka Penggalang provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Seluma Bengkulu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,3 mengguncang Seluma, Bengkulu, Sab...
Jumat ini KPK Jadwalkan Ulang pemeriksaan Rommy JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Romah...
Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. P...
Penyebar Konten Terorisme Diancam UU-ITE, PKS: Bersikap Bijaklah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menanggapi kejadian terorisme yang membunuh puluhan umat Islam yang sedang...
F-PKS Minta Kemenlu dan KBRI Lindungi WNI di Selandia Baru JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengutuk penembakan brutal kepada pulu...
Kanal: Nasional