Loading...

Menag Serahkan Penghargaan kepada Penerima Anugerah Syariah Republika 2018

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menghadiri malam Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018. Event tahunan Republika Group ini digelar di Mutiara Ball Room JW Marriot, Kuningan, Jakarta, Kamis (08/11) malam.

Pada malam ASR ini, Menteri Agama Lukman Hakim dinobatkan untuk menyerahkan penghargaan Bank Buku 1 untuk kategori The Best in Profit Sharing Financing kepada BCA Syariah, The Best Sharia Bank yaitu BTPN Syariah dan The Most Stable Sharia Bank diberikan kepada Bank Aceh Syariah.

Anugerah beserta tropi diserahkan Menag Lukman Hakim kepada perwakilan perbankan didampingi Erick Thohir selaku Komisaris Utama Mahaka dan Pemred Republika Irfan Junaidi. Tampak hadir Ketua Dewan Syariah Nasional KH Ma’ruf Amin, Mendagri, Menteri Pariwisata, Menpan RB, Kepala Bappenas, Ketua BPKH, Wakil Ketua Baznas serta tokoh dan pejabat negara lainnya.

“ASR tidak hanya apresiasi melainkan juga motivasi dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat luas betapa potensi ekonomi syariah ini luar biasa sebenarnya,” ujar Menag yang malam itu didampingi Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag Mastuki.

Selain memberikan penghargaan kepada perbankan, tahun ini, ASR juga menetapkan tiga Tokoh Syariah dari tiga bidang berbeda. Mereka adalah akademisi dan konsultan, pelaku bisnis, dan regulator. Tiga sosok yang dianggap berkontribusi besar terhadap perkembangan ekonomi Islam di Tanah Air dalam bingkai ekonomi Syariah itu adalah Prof Bambang Brodjonegoro, Elidawati Ali Oemar, dan Adiwarman A Karim.

Prof Bambang saat ini menjabat sebagai Kepala Bappenas dan Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI). Adiwarman merupakan seorang akademisi, pegiat keuangan syariah, konsultan ekonomi syariah dan bidan beberapa bank swasta. Sementara Elidawati adalah seorang pengusaha muslim ternama yang memberikan banyak kemaslahatan untuk masyarakat. Dia merupakan pendiri sekaligus pemilik group bisnis Elcorps yang meliputi busana muslim, kuliner, travel hingga bisnis perawatan.

Anugerah Syariah Republika merupakan penghargaan tertinggi kepada institusi dan industri keuangan syariah dari perbankan, keuangan nonperbankan, asuransi, financial technology (fintech), multifinance, lembaga filantropi, tujuan wisata halal (ramah Muslim) terfavorit, hingga tokoh ekonomi syariah.

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi dalam sambutannya mengatakan ASR yang kali kedua ini merupakan wujud nyata dukungan Republika Group dalam memajukan ekonomi syariah. “Mudah mudahan gelaran ini bida menjadi kontribusi besar bagi pejuang ekonomi syariah,” kata Irfan.

Ketua Dewan Syariah Nasional KH Ma’ruf Amin mengatakan ekonomi syariah adalah perpaduan antara prinsip ketuhanan dan rekayasa upaya kemanusian serta menjadi jalan yang lurus. “Kita optimis kedepan ekonomi syariah menguatkan ekonomi nasional. Ketika kita mengembangkan ekonomi syariah pada 1990 banyak orang yang pesimis namun kita berjalan dengan penuh keyakinan,” ujar KH Ma’ruf Amin.

Berita Lainnya
KPK Tetapkan Bupati Pakpak Bharat Jadi Tersangka JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan Bupati Pakpak Bharat, ...
Jusuf Kalla Terima Penghargaan dari Muhammadiyah SOLO, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) menerima penghargaan Muham...
PKS Minta Kartu Nikah Dibatalkan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini meminta Kementerian Agama membatalkan ...
Kelompok Cipayung Plus Bantah Isu Dukung Jokowi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Para Ketua Umum Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Cipayung Plus memba...
10 Pemerhati Anak Terima Penghargaan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Nasional Perlindungan Anak pada Minggu memberikan penghargaan kepad...
Kanal: Nasional