Loading...

Menhan Serahkan 24 Unit F-16 EDA untuk Perkuat Alutsista TNI AU

MAGETAN (TAJUKTIMUR.COM) – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyerahkan 24 unit pesawat F-16 “Excess Defence Article” berasal dari hibah Amerika Serikat kepada TNI AU di Lanud Iswahjudi Magetan, Jawa Timur, Rabu (28/2)

Dalam sambutannya, Menhan mengingatkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto serta staf dan seluruh prajurit untuk merawat pesawat yang merupakan bagian dari alat utama sistem persenjataan (alutsista).

“Saya minta kepada Penglima TNI beserta staf dan seluruh prajurit untuk merawat dan memelihara alutsista ini dengan sebaik-baiknya. Agar pesawat-pesawat ini memiliki usia pakai yang optimal. Hal ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kita kepada rakyat yang telah menghadiahkan kita alutsista modern yang berkemampuan dan berteknologi tinggi,” kata Ryamizard kepada awak media.

Menhan menambahkan keamanan nasional menjadi bagian dari kepentingan strategis negara lain. Itulah sebabnya, direktif pengembangan desain pertahanan negara Indonesia telah diarahkan guna mewujudkan stabilitas keamanan nasional yang kondusif bagi stabilitas regional dan global.

Sementara itu Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan menyatakan Amerika Serikat merasa bangga menjadi mitra kerja sama militer terbesar bagi Indonesia.

“Penambahan 24 unit pesawat F-16 dari Amerika Serikat akan melengkapi 10 unit F-16 yang telah dimiliki Indonesia sebelumnya, menunjukkan kembali betapa kemitraan strategis kedua negara kita semakin kokoh dan terus berkembang,” ujarnya.

Kemitraan pertahanan tersebut, kata Donovan, menjadi kuat dan akan terus bertambah kuat seiring upaya menjaga keamanan, stabilitas, dan mempertahankan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Penambahan unit pesawat tempur ini tidak hanya memenuhi kebutuhan Indonesia untuk meningkatkan dan memodernisasi armada pesawat tempurnya. Namun juga menunjang kapabilitas TNI AU dengan memperkaya teknologi pertahanan kelas dunia untuk menjalankan operasi maritim di bagian terluar wilayah perbatasan RI,” ucap Donovan.

(as)

Berita Lainnya
Malam 212 Dianggap Bermuatan Politik, Yusuf Martak: Gak Usah Panik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Yusuf Martak membe...
Masyarakat dari Berbagai Penjuru Hadiri Malam Munajat 212 di Monas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Agenda munajat bertema "Meningkatkan Peran Ulama untuk Memperkuat Ukhuwah ...
PKS berjanji menghapus pajak penghasilan di bawah Rp 8 juta per bulan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muda Bidang Ekonomi, Muhammad ...
Pakar: Jokowi-Prabowo Pilih ‘Main Aman’ di Debat Capres SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar komunikasi politik asal Universitas Airlangga Suko Widodo menilai k...
Kementerian LHK Digabung, Ini Penjelasan JK JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan penggabungan Kementerian Lingkungan...
Kanal: Nasional