Loading...

Menko Puan Cek Kesiapan Arus Mudik Lebaran 2018

PURWAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Puan Maharani meninjau langsung kesiapan arus mudik lebaran tahun 2018 di 3 titik kunjungan, Minggu (10/6/2018)

Beberapa titik yang dipantau Menko PMK diantaranya Pos Polisi Cikopo, Jabar – Rest Area Penarukan, Brebes, Jateng – Pos Pelayanan Gerbang Tol Kertasari, Jateng – Pos Pelayanan Rest Area KM 575 Ngale, Paron, Ngawi, Jatim.

“Syukur Alhamdulillah kita semua sudah sampai di sini dalam rangka melihat langsung arus jalur mudik masyarakat yang akan pulang ke kampung masing-masing, khususnya yang dari Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” ujar Menko Puan mengawali keterangan pers di sekitar Gerbang Tol Cikopo.

Dalam perjalanan, Menko PMK mengakui masih terlihat kepadatan jalur mudik dari Jakarta menuju Bekasi, dan dari Bekasi hingga ke gerbang Cikarang Utama. Dalam kesempatan itu, Menko PMK berharap aparat keamanan terus mengantisipasi dan memantau perkembangan arus mudik.

“Pemerintah sudah memberikan libur lebaran dan cuti bersama panjang, salah satunya adalah untuk mengantipasi arus mudik. Kami berharap masyarakat yang akan pulang mudik itu bisa lancar, keselamatannya terjaga, guyub, tertib, dan bahagia,” tambah Menko Puan.

Peninjauan jalur mudik di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dilakukan untuk memastikan agar masyarakat mudik dalam keadaan aman dan nyaman. Peninjauan difokuskan pada kesiapan aparat keamanan, kelancaran lalu lintas, pelayanan kesehatan, dan pelayanan lainnya.

Ditambahkannya, masyarakat dapat memanfaatkan pos pelayanan yang disiapkan pemerintah apabila membutuhkan bantuan dan berhenti sejenak untuk berisitirahat saat perjalanan mudiknya.

Disampaikan pula, Menko PMK meminta Menteri Perhubungan, Menteri PUPR dan Jasa Marga untuk memastikan kecukupan rest area. Pos kesehatan juga disiapsiagakan oleh Kementerian Kesehatan untuk mengantisipasi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

“Saya mengimbau, tetap utamakan keselamatan, selalu menjaga ketertiban berlalu lintas. Selamat sampai tujuan”, pungkasnya.

Usai bertolak dari Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 08.00 WIB, rombongan Menko PMK meninjau jalur mudik di Cikopo. Tampak dalam rombongan Menko PMK, antara lain Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

Berita Lainnya
Sudirman Said: Paslon 02 tunjukkan kekompakan dalam debat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, S...
Fahira Idris: Debat Capres Berikan Pencerahan kepada Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Anggota DPD RI Fahira Idris mengemukakan, debat calon presiden putaran ked...
KPK tangkap bupati Mesuji Lampung JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tanga...
Survei: Basis pemilih di Koalisi Jokowi-Ma’ruf tidak Solid JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan basis pemilih di koalisi pa...
Kemenpar Dukung Festival Bau Nyale Lombok MATARAM, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung pelaksanaan Festival Pesona Ba...
Kanal: Nasional