Loading...

MenPANRB: Belum Ada Kenaikan Gaji ASN

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Impian dan harapan aparatur sipil negara (ASN) untuk mendapatkan kenaikan gaji pada tahun 2019 tampaknya bakal pupus. Pasalnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) hingga saat ini belum menyusun kajian soal kenaikan gaji ASN.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Asman Abnur, kenaikan gaji ASN tidak menjadi pembahasan saat rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Senin (5/3/2018) lalu Ia menjelaskan, dalam rapat hanya membahas kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2019.

“Belum ada soal kenaikan gaji ASN. Saat rapat baru bahas makro pertumbuhan, baru itu,” ujar Asman menegaskan yang ditulis Selasa (6/3/2018).

Kendati demikian, Asman mengakui jika ASN dalam dua tahun terakhir tidak ada kenaikan gaji. Walau begitu, Asman menjelaskan bahwa pemerintah saat ini sedang mengupayakan kesejahteraan ASN tidak hanya melalui gaji.

“Ya, sekarang kan kita baru memfinalisasi model pensiun. Itu sudah final tinggal dimajukan PP-nya ke Pak Presiden. Skema pensiun ASN akan lebih menyejahterakan setelah purnatugas karena akan mendapat dana yang lebih besar,” ujarnya mengungkapkan.

Kemudian, perihal usulan kenaikan gaji tahun 2019 yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Asman menuturkan bahwa yang seharusnya mengkaji adalah KemenPANRB.

“Yang mengusulkan bukan BKN. Mestinya dari Menpan. BKN itu urusan teknis, bukan kebijakan,” kata Asman.

Sebelumnya, BKN melalui Direktorat Kompensasi ASN tengah menyusun konsep usulan kenaikan gaji pokok PNS pada tahun 2019. Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan mengatakan, penyusunan ini dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa sudah lebih dari dua tahun PNS tidak memperoleh kenaikan gaji pokok.

“Jika usulan kenaikan gaji pokok tahun 2019 disetujui, selanjutnya hal itu akan dituangkan dalam Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) pada tahun 2019,” kata Ridwan.

(fr)

Berita Lainnya
10 Pemerhati Anak Terima Penghargaan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Nasional Perlindungan Anak pada Minggu memberikan penghargaan kepad...
BMKG: Hujan Ekstrim Berpotensi Terjadi hingga Desember BOGOR, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor...
Ma’ruf Amin: Program Jokowi dirasakan Masyarakat LEBAK, TAJUKTIMUR.COM - Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengatakan program yang dijalankan Presi...
Soal Perda Keagamaan, Maarif Institute Sayangkan Kriminalisasi Grace Natalie JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Eksekutif Maarif Institute Muhd Abdullah Darraz menyayangkan krim...
KPPPA: Mengatasi Narkoba Pekerjaan Bersama JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Deputi Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindung...
Kanal: Nasional