Loading...

Mensos: Konsep Pemberdayaan Masyarakat Cegah Kemiskinan

BANJARBARU (TAJUKTIMUR.COM) – Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan, konsep pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu cara mencegah kemiskinan dan diyakini mampu mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

“Kami menilai konsep pemberdayaan masyarakat mampu mencegah maupun mengurangi kemiskinan sehingga konsep itu hendaknya dijalankan,” ujarnya di Banjarbaru, Kalsel, Ahad.

Pernyataan itu disampaikan Mensos usai mengunjungi Balai Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial (BPPKS) Regional IV Kalimantan Kementerian Sosial di Jalan Trikora Banjarbaru.

Ia mengatakan, kemiskinan harus dibenahi melalui konsep pemberdayaan dan kemensos memiliki instrumen untuk membantu masyarakat miskin agar bisa keluar dari kemiskinannya.

Dijelaskan, kemensos siap membantu masyarakat miskin yang memiliki suatu kreativitas sehingga menjadikan mereka lebih produktif seperti membuka usaha warung dan usaha lainnya.

“Masyarakat miskin yang memiliki kreativitas dibantu sehingga bisa lebih mengembangkan usahanya dan terlepas dari kemiskinan sekaligus mengurangi beban pemerintah,” ungkapnya.

Ditekankan, konsep pemberdayaan itu diyakini secara pelan namun pasti bisa mencegah dan mengurangi kemiskinan di Indonesia.

“Kami berkeyakinan kemiskinan pelan namun pasti bisa diturunkan melalui konsep pemberdayaan ditambah program yang diinspirasi Presiden Joko Widodo dan telah efektif dijalankan,” ucapnya.

Disebutkan, program presiden yang terus dilaksanakan diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sosial dan program Beras Sejahtera (Rastra) bagi keluarga miskin dan kurang mampu.

“Termasuk bantuan pangan non tunai yang diberikan dalam bentuk makanan sehingga orang tua tidak lagi memikirkan pangan keluarganya tetapi pendidikan bagi anak-anaknya,” ujar dia.

Kunjungan mensos ke BPPKS untuk bersilaturahmi dengan pimpinan dan pegawai balai termasuk pekerja sosial yang berada dibawah kemensos untuk menyemangati kinerja mereka.

Kedatangan Mensos ke Kalsel dalam rangka mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo yang menyerahkan program bantuan kepada masyarakat di Kota Banjarbaru, Senin (26/3).

(as)

Berita Lainnya
Wapres Jusuf Kalla Yakin Pilkada Serentak Aman JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Wakil Presiden M Jusuf kalla menyakini pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan pada 17 Juni 2018 berlangsu...
Wiranto: Pelantikan Iwan Bule untuk Kawal Pilgub Jabar JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Menko Polhukam Wiranto mengatakan pengangkatan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Komjen Polisi Mochamad Iriawan s...
Ratna Sarumpaet Datangi KPK Tagih Kasus Ganjar Pranowo JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Gerakan Selamatkan Indonesia (GSI) Ratna Sarumpaet bersama perwakilan masyarakat dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah...
Aman Abdurrahman Dijatuhi Vonis Mati JAKARTA TAJUKTIMUR.COM - Hakim Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Akhmad Jaini telah menjatuhkan hukuman pidana mati kepada Aman Abdurrahman dal...
Industri Manufaktur Kejar Produksi Setelah Libur Lebaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Industri manufaktur diyakini akan meningkatkan kembali produktivitasnya setelah masa libur panjang Lebaran tahun ini. Lonja...
Kanal: Nasional