Loading...

Menteri Kesehatan: Pencegahan Penyakit HIV/AIDS Jadi Tugas Bersama

PALEMBANG (TAJUKTIMUR.COM) – Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan, pencegahan penyakit HIV/AIDS menjadi tugas bersama karena itu juga bagian penyakit masyarakat.

“Namun, penyakit AIDS dapat dihindari jika masyarakat mengerti dan asal penularan penyakit yang belum ada obatnya tersebut,” kata Nila seperti dikutip dari Antara di Palembang, kemarin (5/12).

Dia mengatakan, penyakit AIDS dapat timbul antara lain akibat adanya pergaulan seks bebas, selain juga dapat timbul akibat pecandu narkoba terutama yang menggunakan jarum suntik.

“Jadi, itu harus dihindari karena dampak dari penyakit tersebut sangat berbahaya bagi seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Memang, lanjut dia, pemerintah terus berupaya menyosialisasikan bahaya penyakit tersebut kepada seluruh lapisan masyarakat, akan tetapi akan lebih baik menghindari daripada terkena penyakit tersebut.

Dia mengatakan, memang bila sudah teranjur terkena penyakit HIV/AIDS tersebut, maka harus rutin melaksanakan terapi anti-retroviral.

“Terapi anti-retroviral secara teratur sangat penting bagi orang terkena HIV positif karena itu akan menekan jumlah virus yang ada dalam tubuh,” kata dia.

Namun, yang lebih penting lagi kekebalan tubuh harus terus ditingkatkan supaya terhindar dari berbagai dampak penyakit. Apalagi memasuki masa pancaroba. Maka, berbagai penyakit menular rawan berjangkit bila kekebelan tubuh menurun.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat menjaga kesehatan.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Menkopolhukam Minta Kepala Daerah Bersinergi Sukseskan Pemilu GORONTALO, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) ...
Angin Puting Beliung Terjang Kabupaten Sukabumi SUKABUMI, TAJUKTIMUR.COM - Bencana angin puting beliung yang terjadi di wilayah Kecamatan Cicantayan...
Survei IndEX: Elektabilitas PDI-P Turun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Survei terbaru lembaga survei Indonesia Elections and Strategic (IndEX) Re...
Gerindra-PKS Sepakati Dua Nama Calon Wakil Gubernur DKI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pertai Gerindra dan PKS DKI telah menyepakati dua nama cawagub DKI penggan...
Kabupaten Gorontalo Peringati HPSN di TPA Talumelito GORONTALO, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo bersama unsur TNI dan Polri mela...
Kanal: Nasional