Loading...

Menteri Puan Prihatin dengan Lagu Anak-Anak

MEDAN (TAJUKTIMUR.COM) – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengungkapkan keprihatinannya terhadap perkembangan lagu anak-anak yang dinilai kurang positif.

Dalam ramah tamah dengan kalangan pendidik di Sekolah Cinta Budaya di Medan, Jumat Puan Maharani mengatakan, lagu untuk anak-anak harus disesuaikan dengan usianya.

Ia menceritakan pengalamannya ketika masih berstatus pelajar sekolah dasar yang diajarkan dengan lagu anak-anak seperti lagu “Pelangi”, “Bintang Kecil”, atau lagu-lagu nasional.

Namun untuk saat ini, kalangan anak-anak dan pelajar justru kurang mengenal lagu yang sesuai umur atau lagu nasional yang dapat membangkitkan rasa nasionalisme.

“Sekarang tidak lagi, sudah dangdut, Cucak Rowo, atau lagu cinta-cintaan,” katanya.

Menurut Puan, untuk mendapatkan generasi penerus yang berkarakter baik, anak-anak harus mendapatkan lagu atau bermain dengan dunia yang sesuai dengan umurnya.

Untuk kalangan guru dan tenaga kependidikan, pihaknya mengharapkan dapat mengarahkan anak didiknya untuk mencintai lagu anak-anak dan lagu nasional.

Untuk menyemarakkan lagu anak-anak, Puan Maharani mengaku sering meminta pencipta lagu di Indonesia untuk terus melahirkan lagu pendidikan dan lagu yang digemari anak-anak.

Namun para pencipta lagu anak-anak tersebut juga tidak dapat disalahkan sepenuhnya karena tidak jarang karyanya justru kurang diterima karena anak-anak sekarang justru menggemari lagu dewasa.

Puan Maharani mengaku pernah meminta langsung kepada penyanyi senior Titiek Puspa untuk menciptakan lagu anak-anak lagi.

“Namun beliau bilang, lagu itu tidak laku lagi untuk anak-anak,” katanya dalam kegiatan yang juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy tersebut.

(dw)

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Seluma Bengkulu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,3 mengguncang Seluma, Bengkulu, Sab...
Jumat ini KPK Jadwalkan Ulang pemeriksaan Rommy JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Romah...
Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. P...
Penyebar Konten Terorisme Diancam UU-ITE, PKS: Bersikap Bijaklah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menanggapi kejadian terorisme yang membunuh puluhan umat Islam yang sedang...
F-PKS Minta Kemenlu dan KBRI Lindungi WNI di Selandia Baru JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengutuk penembakan brutal kepada pulu...
Kanal: Nasional