Loading...

Mohamad Nasir : Negara Kompetitif Yang Akan Bertumbuh Lebih Cepat

BANDUNG (TAJUKTIMUR.COM) – Pembangunan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dalam rangka membangun peradaban bangsa.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, saat melakukan Orasi pada Dies Natalis ke-63 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Jumat (19/1/2018)

Indeks daya saing Indonesia menurut Global Competiveness Index (GCI) 2017-2018, disebutkannya, berada di ranking ke 36 dari 137 negara. Pembangunan infrastruktur, peningkatan inflasi, dan pertumbuhan ekonomi menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing Indonesia.

“Yang menentukan Level produktivitas sebuah negara adalah bila level kemakmuran yang tinggi dari negara tersebut bisa dicapai. Negara yang lebih kompetitif adalah negara yang lebih mungkin untuk bertumbuh lebih cepat,” ungkapnya.

Dikatakannya perubahan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat, dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Perkembangan internet dan teknologi digital yang masif menjadi era baru dari revolusi industri ini.

“Era ini juga akan mendisrupsi banyak aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang Iptek dan pendidikan tinggi,” ujarnya.

Lanjut Menteri Nasir , bila kita ingin mengubah model perkuliahan yang biasanya lebih banyak tatap muka, kita geser menjadi online dengan memanfaatkan teknologi komputer dan telekomunikasi, tetapi dosen masih memainkan perannya menjadi seorang tutor.

Ia juga memaparkan, Iptek dan Pendidikan Tinggi harus dalam daya saing yang baik.

“Bila ingin menjadi universitas kelas dunia, tidak perlu harus besar dulu, bahkan kita bisa mulai dari yang kecil,” katanya.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Seluma Bengkulu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,3 mengguncang Seluma, Bengkulu, Sab...
Jumat ini KPK Jadwalkan Ulang pemeriksaan Rommy JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Romah...
Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. P...
Penyebar Konten Terorisme Diancam UU-ITE, PKS: Bersikap Bijaklah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menanggapi kejadian terorisme yang membunuh puluhan umat Islam yang sedang...
F-PKS Minta Kemenlu dan KBRI Lindungi WNI di Selandia Baru JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengutuk penembakan brutal kepada pulu...
Kanal: Nasional