Loading...

Moment Idul Adha, Presiden Ajak Umat Muslim Berbagi dengan Korban Gempa di Lombok

BOGOR, TAJUKTIMUR.COM – Presiden Joko Widodo Rabu pagi (22/8/2018) melaksanakan salat Idul Adha 1439 Hijriah di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ia tiba sekitar pukul 06.05 WIB, dengan mengenakan setelan jas, kemeja putih dan bersarung lengkap dengan peci hitam.

Kedatangan Presiden disambut oleh Pj. Gubernur Jawa Barat M. Iriawan dan Bupati Bogor Nurhayanti. Turut hadir  Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.

Setelah sholat, Presiden menjelaskan kepada jurnalis alasannya memilih Kabupaten Bogor sebagai lokasi perayaan Iduladha.

“Kan, tinggal di Bogor, kita telah melaksanakan Hari Raya Idulfitri di Kota Bogor. Sehingga kali ini Hari Raya Idul Adha saya merayakan di Kabupaten Bogor,” ujar Presiden.

Presiden kemudian berharap pada momen Idul Adha seluruh masyarakat mau berbagi kepada sesama dan membantu saudara-saudaranya. Terutama yang sedang terkena musibah, seperti gempa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“(Harapannya) seluruh masyarakat, semuanya mau berbagi pada sesama, terutama untuk kali ini saya kira kita menghadapi musibah di NTB. Saya mengajak kita semuanya di Hari Raya Idul Adha ini untuk mau membantu saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah gempa di Lombok Timur terutama, Lombok Barat, dan di NTB pada umumnya,” ajak Presiden.

Dalam salat Idul Adha kali ini Pimpinan Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Al-Falak Kecamatan Ciomas, H. Zaenal Abidin bertindak sebagai imam. Sedangkan Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Dr. K. H. Muhammad Suhendra, M.M  sebagai Khatib. Adapun tema khotbah yang diangkat adalah “Bekerja dan Berprestasi”.

Setelah selesai salat, Presiden kemudian berjalan ke Masjid Baitul Faizin, Kabupaten Bogor, untuk menyerahkan langsung hewan kurban. Pada kesempatan ini Presiden berkurban sapi berjenis Brahma dengan berat 1,3 ton.

Selain di Bogor, Presiden juga berkurban di tempat lainnya, di seluruh provinsi. Salah satunya di Masjid Istiqlal, Jakarta, di mana Presiden berkurban sapi jenis Ongole dengan berat sekitar 1,5 ton.

Selesai menyerahkan hewan kurban, Presiden menyempatkan untuk bersalaman dan berfoto dengan para jamaah yang hadir di lapangan. Pagi itu sekira 2.000 orang jemaah memenuhi Lapangan Tegar Beriman. Presiden pun meninggalkan lokasi sekira pukul 07.37 WIB.

 

Berita Lainnya
KPU Tetapkan DPT Hasil Perbaikan untuk Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno terbuka Daftar Pemilih T...
Polisi Tangkap Perusak Atribut Partai Demokrat di Pekanbaru PEKANBARU, TAJUKTIMUR.COM - Polisi telah menangkap seorang terduga perusak atribut Partai Demokrat d...
Kapendam Cendrawasih: Situasi Nduga Berangsur Normal JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, mene...
SBY Sayangkan Perusakan Atribut Demokrat di Pekanbaru RIAU, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyayangkan perusa...
Bawaslu Catat 192.129 Laporan dan Pelanggaran Kampanye JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah menemukan dan menerima setidaknya 19...
Kanal: Nasional