Loading...

Muhammadiyah akan Buka Universitas di Malaysia

KUALA LUMPUR, TAJUKTIMUR.COM — Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee Malik menyatakan dukungannya terhadap rencana pendirian Universitas Muhammadiyah di Malaysia oleh Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, kata Prof Dr Suyatno, ketua delegasi yang mewakili PP Muhammadiyah.

“Alhamdulillah, dalam pertemuan yang berlangsung di Putrajaya Selasa (17/7) Pak Menteri Malaysia sangat mendukung niat PP Muhammadiyah tersebut,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) itu melalui telepon seluler dari Malaysia, Rabu.

Bahkan menteri yang usianya masih 44 tahun tersebut juga menyatakan akan memberikan sumbangan bagi lembaga pendidikan di Indonesia ini sebagai tabungan akhirat, sekaligus menyatakan kagum pada tokoh Buya Hamka, katanya.

“Rencana kami bisa dibangun mulai tahun ini juga, namun demikian harus memenuhi segala perizinan yang disyaratkan. Ini sedang proses,” katanya.

Jika Universitas Muhammadiyah di Malaysia ini bisa dibangun, maka ini akan menjadi yang pertama bagi Muhammadiyah memiliki kampus di luar negeri, katanya.

Jumlah lembaga pendidikan yang dimiliki Muhammadiyah saat ini mencapai lebih dari 10 ribu, terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, pondok pesantren, hingga perguruan tinggi.

Saat ini organisasi Muhammadiyah mengelola 173 kampus di seluruh Indonesia terdiri dari universitas sebanyak 45 dan sisanya berupa sekolah tinggi, akademi, dan politeknik.

Sebelum bertemu Menteri Pendidikan Malaysia tersebut, para utusan PP Muhammadiyah bertemu dengan Ketua Pengarah Pendidikan Tinggi Malaysia Siti Hamisah Tapsir.

Berita Lainnya
Pakar: Jokowi-Prabowo Pilih ‘Main Aman’ di Debat Capres SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar komunikasi politik asal Universitas Airlangga Suko Widodo menilai k...
Kementerian LHK Digabung, Ini Penjelasan JK JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan penggabungan Kementerian Lingkungan...
KPU: Debat Kedua Pilpres Lebih Lancar JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan pelaksanaan d...
Indef: Visi Jokowi Terkait B100 Sulit Dicapai JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly ...
Soal Ledakan, Wiranto: Ada pihak yang iseng dan usil sengaja membuat kericuhan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wi...
Kanal: Internasional Nasional