Loading...

Muhammadiyah akan Buka Universitas di Malaysia

KUALA LUMPUR, TAJUKTIMUR.COM — Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee Malik menyatakan dukungannya terhadap rencana pendirian Universitas Muhammadiyah di Malaysia oleh Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, kata Prof Dr Suyatno, ketua delegasi yang mewakili PP Muhammadiyah.

“Alhamdulillah, dalam pertemuan yang berlangsung di Putrajaya Selasa (17/7) Pak Menteri Malaysia sangat mendukung niat PP Muhammadiyah tersebut,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) itu melalui telepon seluler dari Malaysia, Rabu.

Bahkan menteri yang usianya masih 44 tahun tersebut juga menyatakan akan memberikan sumbangan bagi lembaga pendidikan di Indonesia ini sebagai tabungan akhirat, sekaligus menyatakan kagum pada tokoh Buya Hamka, katanya.

“Rencana kami bisa dibangun mulai tahun ini juga, namun demikian harus memenuhi segala perizinan yang disyaratkan. Ini sedang proses,” katanya.

Jika Universitas Muhammadiyah di Malaysia ini bisa dibangun, maka ini akan menjadi yang pertama bagi Muhammadiyah memiliki kampus di luar negeri, katanya.

Jumlah lembaga pendidikan yang dimiliki Muhammadiyah saat ini mencapai lebih dari 10 ribu, terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, pondok pesantren, hingga perguruan tinggi.

Saat ini organisasi Muhammadiyah mengelola 173 kampus di seluruh Indonesia terdiri dari universitas sebanyak 45 dan sisanya berupa sekolah tinggi, akademi, dan politeknik.

Sebelum bertemu Menteri Pendidikan Malaysia tersebut, para utusan PP Muhammadiyah bertemu dengan Ketua Pengarah Pendidikan Tinggi Malaysia Siti Hamisah Tapsir.

Berita Lainnya
Menhub Minta Tunda Dua Proyek Kereta Ini BEKASI, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta menunda dua proyek s...
Kemenkominfo Tunda Cabut Izin Frekuensi Bolt dan First Media JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan tidak aka...
BIN Pantau 50 Penceramah yang Sampaikan Materi Radikalisme JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Intelijen Nasional (BIN) memantau sebanyak 50 penceramah yang menyam...
Warga Palangka Raya Diperiksa Polisi Terkait Bendera HTI PALANGKA RAYA, TAJUKTIMUR.COM - Seorang warga Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, diperiksa poli...
Peringati Maulid : Ulama Ajak Umat Islam Teladani Ahlak Nabi Muhammad dalam Berpolitik TANGERANG SELATAN, TAJUKTIMUR.COM - Para ulama mengajak umat Islam untuk meneladani ahlak (tingkah l...
Kanal: Internasional Nasional