Loading...

Pelni Siapkan Dua Kapal Bantu Evakuasi Lombok

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)/Pelni menyiapkan 2 kapal untuk membantu evakuasi warga Lombok, Gili Terawangan ke Benoa, Bali.

Dua kapal tersebut masing-masing KM. Binaiya dan KM. Tilongkabila yang dekat dengan lokasi bencana disiagakan sebagai sarana transportasi untuk evakuasi warga ke daerah yang lebih aman.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan, Ridwan Mandaliko, mengatakan, penyediaan sarana transportasi laut untuk evakuasi dari Pelni merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat Gili Terawangn, NTB dan sekitarnya yang terkena musibah gempa bumi.

“Pelni sebagai BUMN transportasi laut menyediakan sarana transportasi kapal laut untuk membantu warga yang akan mengungsi ke Benoa, Bali,” kata Ridwan, melalui pernyataan resmi pada Senin (6/8).

KM. Binaiya merupakan kapal tipe 1.000 pax yang sebelumnya melayari rute Labuan Bajo- Benoa, namun kapal akan singgah di Gili Terawangan untuk mengangkut warga dan para wisatawan yang akan menuju Pulau Bali.

“Kapal seharusnya tiba di Benoa Senin (6/8) pukul 13.00 Wita, namun kapal dialihkan rutenya ke Gili Terawangan untuk mengevakuasi warga dan para wisatawan pada pukul 15.30 Wita. Dengan jarak 55 noatikal mile dengan kecepatan 12 knots kapal dapat menempuh 4,5 jam,” sambungnya.

Selain menyiagakan KM. Binaiya, Pelni bersama Kemenhub juga menyiagakan KM. Tilongkabila yang akan tiba di Lembar Jumat (10/8) pada pukul 11.00 dan berangkat menuju Benoa pada pukul 12.00. Kapal akan tiba di Benoa pukul 16.00 Wita.

“Selain KM. Binaiya ada KM. Tilongkabila yang akan tiba Jumat (10/8) di Lembar. Bagi warga yang akan menuju ke Pulau Bali dapat menggunakan KM Tilongkabila,” terangnya.

Berita Lainnya
Kapal Nelayan Terbakar di Muara Baru JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kapal nelayan terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara...
Capres 01 dijadwalkan akan sampaikan pidato kebangsaan di Sentul BANDUNG, TAJUKTIMUR.COM - Capres nomor urut 01, Joko Widodo, dijadwalkan akan menyampaikan pidato ke...
Prabowo Bertekad Menghabiskan Sisa Hidupnya untuk rakyat MEDAN, TAJUKTIMUR.COM - Calon presiden Prabowo Subianto menegaskan ia sudah menyampaikan tekad akan ...
PKS Siap Luncurkan Film ‘8 Stories’ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan meluncurkan film yang bergenre omnibu...
Calon Wagub Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto, Ini kata PKS Jakarta JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gerindra dan PKS DKI telah menyepakati dua nama cawagub DKI pengganti Sand...
Kanal: Nasional