Loading...

Pelni Siapkan Dua Kapal Bantu Evakuasi Lombok

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)/Pelni menyiapkan 2 kapal untuk membantu evakuasi warga Lombok, Gili Terawangan ke Benoa, Bali.

Dua kapal tersebut masing-masing KM. Binaiya dan KM. Tilongkabila yang dekat dengan lokasi bencana disiagakan sebagai sarana transportasi untuk evakuasi warga ke daerah yang lebih aman.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan, Ridwan Mandaliko, mengatakan, penyediaan sarana transportasi laut untuk evakuasi dari Pelni merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat Gili Terawangn, NTB dan sekitarnya yang terkena musibah gempa bumi.

“Pelni sebagai BUMN transportasi laut menyediakan sarana transportasi kapal laut untuk membantu warga yang akan mengungsi ke Benoa, Bali,” kata Ridwan, melalui pernyataan resmi pada Senin (6/8).

KM. Binaiya merupakan kapal tipe 1.000 pax yang sebelumnya melayari rute Labuan Bajo- Benoa, namun kapal akan singgah di Gili Terawangan untuk mengangkut warga dan para wisatawan yang akan menuju Pulau Bali.

“Kapal seharusnya tiba di Benoa Senin (6/8) pukul 13.00 Wita, namun kapal dialihkan rutenya ke Gili Terawangan untuk mengevakuasi warga dan para wisatawan pada pukul 15.30 Wita. Dengan jarak 55 noatikal mile dengan kecepatan 12 knots kapal dapat menempuh 4,5 jam,” sambungnya.

Selain menyiagakan KM. Binaiya, Pelni bersama Kemenhub juga menyiagakan KM. Tilongkabila yang akan tiba di Lembar Jumat (10/8) pada pukul 11.00 dan berangkat menuju Benoa pada pukul 12.00. Kapal akan tiba di Benoa pukul 16.00 Wita.

“Selain KM. Binaiya ada KM. Tilongkabila yang akan tiba Jumat (10/8) di Lembar. Bagi warga yang akan menuju ke Pulau Bali dapat menggunakan KM Tilongkabila,” terangnya.

Berita Lainnya
Tim Prabowo-Sandi Sebut Jokowi Lakukan Politik Pembenaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Setelah isu pilpres tentang Politik Sontoloyo dan Politik Genderuwo, kini ...
Gunung Kembang Wonosobo jadi Sentra Bawang Putih Nasional WONOSOBO, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pertanian mendorong munculnya sentra baru baik di Jawa maupun...
Kiai Ma’ruf Percaya Jokowi Masih Dipercaya Masyarakat LEBAK, TAJUKTIMUR.COM - KH Ma'ruf Amin mengatakan program dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) s...
Sandiaga: Kegiatan Religi Bangkitkan Ekonomi Umat MAGELANG, TAJUKTIMUR.COM - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno ikut mengikuti...
Presiden Resmikan Masjid dan Muktamar Pelajar Muhammadiyah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan meresmikan masjid kampus Sekolah Tingg...
Kanal: Nasional