Loading...

Perempuan Milenial Indonesia Dukung Paslon 01 di Pilpres 2019

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -Perempuan Milenial Indonesia (PERMUI) menyatakan dukungannya terhadap pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor 01 (Joko Widodo-Ma’ruf Amin). Dukungan tersebut disampaikan dalam acara Deklarasi Indonesia Satu yang diselenggarakan oleh Perempuan Milenial Untuk Indonesia (PERMUI) di gedung Joeang 45 Menteng Raya Jakarta, Jumat (01/02/2019).

Acara deklarasi sekaligus pengucapan ikrar bersama para pengurus dan anggota PERMUI untuk menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa Indonesia juga diisi dengan diskusi bertema : “Perempuan Milenial Menjaga Kesatuan NKRI: Peran Generasi Milenial dalan Mengantisipasi Hoax Menjelang Pemilu 17 April 2019”.

“Kami Perempuan Milenial Untuk Indonesia berikrar akan tetap menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa Indonesia dan menolak perpecahan yang bermuatan SARA (Suku, Ras, dan Agama) karena kita adalah Indonesia dan Indonesia adalah kita”, ucap Novi yang kemudian diikuti oleh seluruh anggota lainnya saat pembacaan ikrar.

Dalam momentum pesta demokrasi tahun 2019, PERMUI mendorong terciptanya pesta demokrasi yang aman, damai dan bermartabat serta menolak isu-isu yang sifatnya hoax dan penuh dengan intrik kebohongan.

“Kita jelas mendukung Capres nomor satu. Acara deklarasi anti hoax dan Indonesia Satu ini adalah untuk mendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden dengan visi-misi yang jelas dan melanjutkan pembangunan-pembangunan di Indonesia”, tegas Ketua Umum PERMUI, Nadia Yulianda Putri disela-sela acara deklarasi.

Deklarasi dan edukasi anti hoax dan Indonesia Satu bagi PERMUI sangatlah penting sebab sebagai perkumpulan anak-anak muda (remaja)  dan mahasiswa yang umumnya perempuan, sudah sangat merasakan banyaknya informasi hoax yang menyebar luas dan tidak valid kebenarannya. Hal itu tentu meresahkan, terlebih pelaku penyebar hoax sendiri bukanlah pelaku kejahatan cyber (cybercrime). 

Cerdas dalam menyikapi sebuah informasi atau berita juga diingatkan oleh Miss Asia 2017-2018, Putri Khaerunisa (Nisa) yang turut hadir sebagai narasumber pada diskusi yang membahas tentang hoax ditempat yang sama. Sebagai Miss Asian tentu dirinya lebih mengedepankan dan mengingatkan para generasi muda agar lebih smart dan bijaksana dalam menyikapi berita ataupun menggunakan smartphone. Sebab anak-anak muda jaman sekarang mempunyai alat pendukung literasi yakni smartphone, maka harus lebih smart (cerdas) dalam menghadapi hoax.  “Kita harus sadar bahwa ada cyber trend, baik itu cyber crime maupun cyber social. Dari semua yang ada kita harus bisa membedakan mana informasi yang benar dan yang tidak”, ujar Nisa yang berbicara tidak mengatasnamakan capres/wapres maupun parpol tertentu lantaran masih mengenakan mahkota Miss Asian dikepalanya.

Menanggapi isu hoax, Staf Presiden Divisi Komunikasi Agustinus Eko Rahardjo dalam diskusi juga mengajak masyarakat untuk lebih bijaksana terutama dalam menyikapi sebuah isu yang mendeskriditkan Pemerintah. Institusi yang dideskriditkan tidak perlu ragu menanggapinya sebab ada undang-undang yang melindungi. “Kita berbicara soal data dan fakta, jadi ketika ada seseorang yang berusaha menciderai sebuah institusi resmi dan terhormat harus segera dijelaskan oleh pihak yang berkaitan”,  ujar Agustinus Eko Rahardjo, yang juga merupakan jurnalis senior. 

Langkah penegakan hukum terhadap pelaku penyebar hoax juga mendapat apresiasi dari Direktur Eksekutif Lkbhmi PB HMI,  A. Rahmatullah Rorano pada diskusi tersebut dengan menyatakan bahwa secara normatif UU ITE agak sulit digunakan untuk menjerat pelaku penyebar hoax karena itu perlu ada pemberatan hukuman bagi pelaku sehingga perlu ada penguatan revisi UU ITE. “Hoax mestinya bisa masuk ke pasal pidana, kedepan kita berharap regulasi lebih diperbaiki sehingga ada kejelasan bagi pihak kepolisian untuk bekerja melakukan penegakan hukum”, ujarnya.

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
Kanal: Nasional Pemilu