Loading...

Pigai: Memakai Cadar Hak Asasi Manusia

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Pegiat kemanusiaan Natalius Pigai mengatakan memakai cadar adalah hak asasi manusia, katanya menanggapi kasus pelarangan pemakaian cadar terhadap seorang mahasiswi yang terjadi Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

“Kebijakan Rektor UIN tidak dapat dibenarkan. Tidak boleh ada dunia pendidikan yang melarang siswinya bercadar, berhijab bahkan berburqa. Apalagi di negara Indonesia dengan statusnya sebagai negara yang jumlah penduduk islam terbesar di dunia,” kata Natalius Pigai, di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan sesuai dengan hukum hak asasi manusia maka pemerintah tidak dapat melarang sesutu yang bersifat keyakinan, dan cadar adalah inherent dan tidak terpisahkan dari simbol agama Islam.

Karena itu dalam persepektif HAM tidak ada alasan untuk melarang siswa untuk mengekspresikan atribut dan simbol-simbol agamanya.

“Sejatinya negara menampung dan menghormati penghayatan, ekspresi nilai-nilai spiritualitas, ekspresi agama dan kebudayaan Islam,” kata dia.

Senada dengan itu, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan penggunaan cadar menjadi hak seseorang.

Terkait dengan pelarangan penggunaan cadar di Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta, Menteri Nasir mengatakan hal tersebut diserahkan kepada rektor.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristedikti) tidak akan mengaturnya, terlebih UIN Yogyakarta berada di bawah Kementerian Agama.

Lebih lanjut, ia mengatakan setiap kampus memang mempunyai aturan berbeda, termasuk terkait cara berpakaian.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Bersama Nelayan Cirebon, Bara JP Siap Menangkan Jokowi-Ma’ruf Amin JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Kota Cirebon Y Pasomba men...
Zulkifli Ajak Relawan Hadapi Provokasi dengan Kampanye Cerdas PEKANBARU, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Cawapres Sandiaga Uno melanjutkan ...
Kunjungi Riau, Cawapres Sandiaga Uno Akan Perkuat UMKM JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, mendatangi penggerak UMK...
Mantan Ketua Muslimah HTI Ajak Masyarakat Ikuti Pemilu 2019 Damai BOGOR, TAJUKTIMUR.COM - Situasi perpolitikan menjelang Pilpres 2019 yang semakin ramai akhir-akhir i...
Diduga Lakukan Ilegal BBM, Bakamla Tangkap Kapal MT Nusantara di Perairan Tanjung Priok JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Keamanan Laut RI menangkap 2 buah kapal yang diduga melakukan kegiat...
Kanal: Nasional