Loading...

Pindah Ibukota, Ini Tiga Kandidat Provinsi Ibukota Negara

PALANGKA RAYA (TAJUKTIMUR.COM) – Ketua Tim Kajian Ibu Kota Negara Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Imron Bulkin mengatakan, pengkajian pemindahan Ibukota Negara akan berlanjut pada 2018.

“Ini kajian awal. Tahun depan akan dilanjutkan kajian yang lebih dalam. Sesuai yang disampaikan pak menteri dan pak menteri akan memberikan laporan progresnya akhir Desember,” kata Imron pada Acara seminar nasional bertema ‘Pemindahan Ibukota Negara, Pengaruh kebijakan dan Masa Depan Indonesia’ berlangsung di Palangka Raya, Jumat (15/12).

Dalam tahap awal ini, lanjutnya, tim juga telah mengkaji kondisi geografi, demografi serta keamanan di masing-masing wilayah yang dicalonkan sebagai Ibukota negara.

Ia mengaku, ada ketiga wilayah yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sebagai calon ibukota negara.

Namun sayang, ia enggan menyebutkan wilayah mana yang bakal dijadikan Ibukota dari ketiga provinsi tersebut.

“Nanti hasil kajian akan disampaikan Kepala Bappenas kepada presiden secara objektif. Saya tidak berhak memberikan informasi wilayah mana yang dipilih,” katanya menegaskan.

Pada seminar ini Tim Kajian Ibu Kota Negara mengkaji kelengkapan infrastruktur wilayah calon Ibukota negara. Imron menilai, penentuan ibukota negara yang baru merupakan keputusan politik dan menjadi hak sepenuhnya dari presiden.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya M Riban Satia mengatakan, terkait pemindahan ibu kota tersebut bukan keinginan pemerintah di Kalimantan Tengah semata.

“Kita hanya meneruskan apa yang pernah disampaikan oleh Presiden Pertama kita, Ir Soekarno,” kata Wali Kota Palangka Raya dua periode ini.

Saat ini pihaknya bersama pemerintah provinsi dan kabupaten lain di Kalteng juga telah menyiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan untuk persyaratan pemindahan ibu kota ke provinsi berjuluk “Bumi Pancasila, Bumi Tambun Bungai” ini.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Gunung Kembang Wonosobo jadi Sentra Bawang Putih Nasional WONOSOBO, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pertanian mendorong munculnya sentra baru baik di Jawa maupun...
Kiai Ma’ruf Percaya Jokowi Masih Dipercaya Masyarakat LEBAK, TAJUKTIMUR.COM - KH Ma'ruf Amin mengatakan program dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) s...
Sandiaga: Kegiatan Religi Bangkitkan Ekonomi Umat MAGELANG, TAJUKTIMUR.COM - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno ikut mengikuti...
Presiden Resmikan Masjid dan Muktamar Pelajar Muhammadiyah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan meresmikan masjid kampus Sekolah Tingg...
Warga Diimbau Tidak Buang Sampah ke Kali JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau warga agar...
Kanal: Nasional