Loading...

PLN Kampanyekan Kompor Listrik Gantikan LPGo

PALEMBANG (TAJUKTIMUR.COM) – Kampanye memakai kompor induksi atau listrik menggantikan kompor berbahan bakar LPG, teris dilakukan pemerintah dan PLN. Persrian sebagai salah satu penggalak kampanye ini pun menyebut beberapa keunggulan kompor induksi.

Paling tidak, dibandingkan dengan kompor LPG, memasak dengan kompor listrik lebih aman, mudah, dan praktis. Kemudian lebih bersih dan yang pasti lebih murah.

“Ini adalah sebuah konversi yang seharusnya sudah kita lakukan,” terang General Manajer PLN Pembangkitan Sumatera bagian selatan (Sumbagsel), R. Bambang Anggono dalam siaran pers yang diterima tajuktimur.com, Minggu (11/2).

Ia menegaskan, PLN sebagai produsen energi listrik di Indonesia memulai program penggalakan penggunaan kompor induksi dari kalangan internal. Seluruh pegawai di bawah PLN Pembangkitan Sumbagsel diklaim sudah menggunakan kompor induksi.

PLN berharap penggunaan kompor induksi guna mengurangi ketergantungan masyarakat pada Liquefied Petroleum Gas (LPG) atau elpiji. Penggunaan kompor induksi sebagai subtitusi kompor dengan gas LPG diharapkan dapat menekan impor LPG di Indonesia.

PLN Pembangkitan Sumbagsel, menegaskan, akan membudayakan produk-produk yang memanfaatkan energi listrik lainnya, seperti sepeda listrik.

“Kami ingin mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa listrik itu baik. Ke depan PLN juga akan mengedepankan energi baru terbarukan, sehingga lebih ramah lingkungan dan lebih baik untuk generasi penerus kita.”

Kementerian ESDM terus mengurangi penggunaan gas LPG dengan beralih pada jaringan gas untik mengurangi ketergantungan terhadap impor Liquefied Petroleum Gas (LGP). Data ESDM kebutuhan gas LPG mencapai 6,5 juta ton. Dimana sekitar 4,5 juta diantaranya masih impor.

Tingginya impor menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan karena produksi gas bumi dalam negeri hanya 1,2 juta setara barel oil per hari dengan jenis yang dihasilkan bukan C3 dan C4 yang bisa dibuat LPG.

(as)

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Massa Pendukung 02 Siap #PutihkanGBK, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk menghindari...
Kanal: Nasional