Loading...

PMI Bangun RS untuk Etnis Rohingya

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Palang Merah Indonesia membangun rumah sakit di Myanmar yang ditujukan untuk semua pihak yang membutuhkan fasilitas kesehatan termasuk bagi etnis Rohingya di negara tersebut.

“Bekerja sama dengan banyak pihak maka rumah sakit itu bisa dibangun,” kata Pelaksana Harian Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita di Jakarta, Kamis (14/9/2017)

Dia mengatakan pembangunan itu hasil dari kemitraan pemerintah, PMI, Medical Emergency RescueCommittee (MER-C), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan pihak terkait lainnya.

Pembangunan rumah sakit itu sendiri diperkirakan menghabiskan dana sekitar 1,9 juta dolar AS. Proyek untuk kemanusiaan tersebut telah dimulai sejak Mei 2017.

Presidium MER-C Indonesia Sarbini Abdul Murad mengatakan rumah sakit tersebut memiliki fungsi untuk bantuan kemanusiaan bagi seluruh lapisan masyarakat yang memerlukan.

Dia mengatakan pembangunan itu sebagai bagian dari merukunkan umat manusia dari segala macam perbedaan. Dengan begitu, fasilitas kesehatan itu sejatinya dibangun untuk seluruh lapisan masyarakat.

Menurut dia, rumah sakit bisa menjadi sarana harmonisasi di tengah perbedaan di Myanmar, utamanya bagi masyarakat dan pemerintah di negara itu. Maka, rumah sakit itu agar bisa menjadi simbol perdamaian selain fungsinya untuk kesehatan.

Maka dari itu, dia mengatakan pihaknya sangat terbuka dengan kemitraan lintas sektor, termasuk dari unsur lintas agama.

Selain bantuan fasilitas kesehatan, dia mengatakan unsur dari MER-C akan turut membantu pengembangan kapasitas bagi tenaga kesehatan di rumah sakit yang dibangun di daerah Rakhine State, Myanmar itu.

(ant/and)

Berita Lainnya
Bawa Narkoba, Polisi Tembak Mati Warga Malaysia MEDAN, TAJUKTIMUR.COM - Tim Opsnal Sat Res Narkoba Polres Tanjung Balai, Polda Sumatera Utara, menem...
Papua Barat paling rendah Tingkat Kepatutan Pelaporan Harta Kekayaan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Pemerintah Provinsi Papua Ba...
Pushidrosal TNI-AL Temukan CVR Lion Air JT-610 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) yang diga...
Fahira Idris: Isu Perempuan dan Anak Harus Ada Dalam Debat Pilpres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Dari lima tema besar Debat Publik Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wak...
Relawan Jokowi – Prabowo gelar Pertandingan Persahabatan KUALA LUMPUR, TAJUKTIMUR.COM - Relawan pendukung pasangan Jokowi - KH Ma`ruf Amin dan Prabowo - Sand...
Kanal: Nasional