Loading...

Presiden Jokowi Hadiri KTT APEC dan ASEAN

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi bertolak ke Da Nang, Vietnam untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) dan ke Manila, Filipina untuk mengikuti KTT ASEAN.

Presiden dan rombongan bertolak ke Da Nang dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat, pukul 10.30 WIB dengan menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ).

“Saya dan rombongan hari ini akan bertolak ke Da Nang Vietnam dan dilanjutkan ke Manila di Filipina,” kata Presiden kepada awak media di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma.

Jokowi mengatakan dua agenda utama kunjungan kerja kali ini adalah menghadiri KTT APEC di Da Nang, Vietnam, dan KTT ASEAN di Manila.

“Tahun ini APEC mengambil tema ‘greatinh new dinamisme Asia’,” kata Jokowi.

Presiden mengungkapkan yang akan dipersiapkan Indonesia dalam KTT APEC kali ini, pertama “development goal” utamanya menghilangkan hambatan nontarif bagi produk produk Indonesia yang berkontribusi kepada pembangunan pedesaan dan upaya pengentasan kemiskinan.

Kedua, lanjut Presiden, upaya mempersempit kesenjangan ekonomi dan inklusivitas.

Ketiga, pembangunan infrastruktur dan keempat, upaya mengedepankan “rate time base policy”.

Sementara pada KTT ASEAN dan terkait lainnya, Indonesia akan mengupayakan peningkatan kerja sama, baik antara sesama anggota maupun ASEAN dengan negara mitra lainnya.

“Kita berharap kunjungan ini akan memberi manfaat yang besar bagi seluruh rakyat Indonesia,” tutur Presiden.

PRESIDEN TIBA DI VIETNAM

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana dan rombongan mendarat di Da Nang International Airport, pukul 14.10 waktu setempat (WS) dan tiba di Furama Resort, Viet Nam, Jumat (10/11) pukul 14.30 WS.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana disambut saat tiba di Furama Resort, Vietnam, Jumat (10/11) pukul 14.30 waktu setempat. (foto: setkab/istimewa)

Presiden Jokowi akan menghadiri rangkaian Leaders’ Meeting Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) dan direncanakan melakukan beberapa pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara, antara lain dengan Presiden Peru, Perdana Menteri (PM) Australia, dan Presiden Papua Nugini.

Leaders’ meeting APEC di kota Da Nang, Viet Nam akan diselenggarakan di beberapa tempat yang berbeda pada tanggal 10 dan 11 November 2017.

Kepala Negara yang sudah hadir di Da Nang untuk menghadiri APEC Leaders’ meeting antara lain PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Thailand Yingluck Sinawatra, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, PM Malaysia Tun Abdul Razak, dan kepala negara lainnya.

Dalam menghadiri APEC Leaders’ meeting, Presiden Jokowi didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menperin Airlangga Hartanto, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Wamenlu AM Fachir.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
10 Pemerhati Anak Terima Penghargaan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Nasional Perlindungan Anak pada Minggu memberikan penghargaan kepad...
BMKG: Hujan Ekstrim Berpotensi Terjadi hingga Desember BOGOR, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor...
Ma’ruf Amin: Program Jokowi dirasakan Masyarakat LEBAK, TAJUKTIMUR.COM - Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengatakan program yang dijalankan Presi...
Soal Perda Keagamaan, Maarif Institute Sayangkan Kriminalisasi Grace Natalie JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Direktur Eksekutif Maarif Institute Muhd Abdullah Darraz menyayangkan krim...
KPPPA: Mengatasi Narkoba Pekerjaan Bersama JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Deputi Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindung...
Kanal: Nasional