Loading...

Presiden Tegur Pemprov DKI Soal Banjir

BOGOR (TAJUKTIMUR.COM) – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegur Pemprov DKI terkait persoalan banjir di ibukota. ” Kerjakan hal-hal yang berkaitan dengan banjir itu,” kata mantan Gubernur DKI itu di Bogor, Jumat (15/12).

Terutama, dari permintaan Jokowi, agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera mengerjakan upaya-upaya pencegahan banjir.

“Kita harapkan juga mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan banjir itu, drainase di kampung-kampung, semuanya harus dibersihkan,” kata Jokowi saat meninjau pembangunan Waduk Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, aliran sungai-sungai di Jakarta perlu dibersihkan dan dipelihara. Hal ketiga yang dijelaskan oleh Presiden yaitu Pemprov DKI perlu melakukan pemeliharaan waduk-waduk tempat penampung air di Ibu Kota.

“Kalau bisa tambah waduk-waduk di Jakarta. Itu sudah akan sangat mengurangi. Jadi Waduk Sunter, Waduk Pluit, Waduk Melati, Waduk Setiabudi semuanya harus dikerjakan, dibersihkan terus,” ujar Presiden.

Kemudian sodetan yang menghubungkan Sungai Ciliwung dengan Kanal Banjir Timur yang diharapkan segera selesai juga dapat mengatasi banjir di Jakarta.

Presiden meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi di Kabupaten Bogor sebagai upaya penanggulangan bencana banjir di Jakarta dari wilayah hulu.

Upaya tersebut, jelas Jokowi, dapat mengurangi laju debit air yang masuk ke Jakarta sebesar 30%.

“Pusat mengerjakan, pemerintah provinsi mengerjakan. Semuanya harus kerja, semuanya konsisten mengerjakan itu, Insya Allah akan menyelesaikan banyak persoalan banjir di Jakarta,” kata Presiden.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Gunung Kembang Wonosobo jadi Sentra Bawang Putih Nasional WONOSOBO, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pertanian mendorong munculnya sentra baru baik di Jawa maupun...
Kiai Ma’ruf Percaya Jokowi Masih Dipercaya Masyarakat LEBAK, TAJUKTIMUR.COM - KH Ma'ruf Amin mengatakan program dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) s...
Sandiaga: Kegiatan Religi Bangkitkan Ekonomi Umat MAGELANG, TAJUKTIMUR.COM - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno ikut mengikuti...
Presiden Resmikan Masjid dan Muktamar Pelajar Muhammadiyah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan meresmikan masjid kampus Sekolah Tingg...
Warga Diimbau Tidak Buang Sampah ke Kali JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau warga agar...
Kanal: Nasional