Loading...

Presiden Tegur Pemprov DKI Soal Banjir

BOGOR (TAJUKTIMUR.COM) – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegur Pemprov DKI terkait persoalan banjir di ibukota. ” Kerjakan hal-hal yang berkaitan dengan banjir itu,” kata mantan Gubernur DKI itu di Bogor, Jumat (15/12).

Terutama, dari permintaan Jokowi, agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera mengerjakan upaya-upaya pencegahan banjir.

“Kita harapkan juga mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan banjir itu, drainase di kampung-kampung, semuanya harus dibersihkan,” kata Jokowi saat meninjau pembangunan Waduk Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, aliran sungai-sungai di Jakarta perlu dibersihkan dan dipelihara. Hal ketiga yang dijelaskan oleh Presiden yaitu Pemprov DKI perlu melakukan pemeliharaan waduk-waduk tempat penampung air di Ibu Kota.

“Kalau bisa tambah waduk-waduk di Jakarta. Itu sudah akan sangat mengurangi. Jadi Waduk Sunter, Waduk Pluit, Waduk Melati, Waduk Setiabudi semuanya harus dikerjakan, dibersihkan terus,” ujar Presiden.

Kemudian sodetan yang menghubungkan Sungai Ciliwung dengan Kanal Banjir Timur yang diharapkan segera selesai juga dapat mengatasi banjir di Jakarta.

Presiden meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi di Kabupaten Bogor sebagai upaya penanggulangan bencana banjir di Jakarta dari wilayah hulu.

Upaya tersebut, jelas Jokowi, dapat mengurangi laju debit air yang masuk ke Jakarta sebesar 30%.

“Pusat mengerjakan, pemerintah provinsi mengerjakan. Semuanya harus kerja, semuanya konsisten mengerjakan itu, Insya Allah akan menyelesaikan banyak persoalan banjir di Jakarta,” kata Presiden.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Malam 212 Dianggap Bermuatan Politik, Yusuf Martak: Gak Usah Panik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Yusuf Martak membe...
Masyarakat dari Berbagai Penjuru Hadiri Malam Munajat 212 di Monas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Agenda munajat bertema "Meningkatkan Peran Ulama untuk Memperkuat Ukhuwah ...
PKS berjanji menghapus pajak penghasilan di bawah Rp 8 juta per bulan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muda Bidang Ekonomi, Muhammad ...
Pakar: Jokowi-Prabowo Pilih ‘Main Aman’ di Debat Capres SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar komunikasi politik asal Universitas Airlangga Suko Widodo menilai k...
Kementerian LHK Digabung, Ini Penjelasan JK JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan penggabungan Kementerian Lingkungan...
Kanal: Nasional