Loading...

Puntung Rokok Diduga Jadi Penyebab Kebakaran di Jembatan Suramadu

SURABAYA (TAJUKTIMUR.COM) – Setelah melakukan proses pemadaman lebih dari empat jam, sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang membakar kabel di bawah jalur motor jembatan Suramadu arah Madura.

Mujiono, Kepala Gerbang Tol Suramadu mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 WIB dan api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB. “Tadi sejak pukul lima sore keluar asap dari bawah jalur motor dan langsung kami tutup kita alihkan untuk berbagi lajur ke jalur mobil,” kata Mujiono.

Proses pemadaman sendiri memerlukan waktu yang cukup lama karena kabel yang terbakar berada di bawah beton setebal 30 CM. Petugas pemadam juga hanya bisa melakukan proses pemadaman dari sela-sela lubang kecil yang ada di atas beton.

Mujiono mengatakan, kebakaran kali ini cukup panjang mulai dari KM 2 Tol Suramadu, hingga ke bentang tengah jembatan. Yang terbakar adalah kabel utilitas sehingga kabel jaringan utama dari Surabaya ke Madura masih aman.

“Saat ini sudah padam, tapi jalur motor tetap kami tutup mungkin sampai besok karena beton cor akan kami buka untuk mengetahui kerusakan kabel yang ada di dalamnya,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, malam tadi.

Sementara itu Bambang Vistadi, Kepala Bidang Pembinaan Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Pemkot Surabaya mengatakan, untuk proses pemadaman, pihaknya tepaksa memecahkan satu beton guna membuat lubang berdiameter 30×30 cm.

“Dari lubang ini kami kemudian memasukan air. Ada empat mobil PMK yang kami terjunkan untuk proses pemadaman kali ini,” kata Bambang. Empat mobil PMK berasal dari Pasar Turi dua unit, dan masing-masing satu dari Tambakrejo dan Bulak.

Meski belum mengetahui pasti penyebab kebakaran, namun Bambang menduga kebakaran kali ini dipicu oleh puntung rokok. “Banyak lubang-lubang kecil yang setelah kami periksa ada sampah bisa masuk. Ini masih sifatnya kemungkinan, kayaknya memang puntung rokok,” ujarnya.

Sementara itu Luddie Wied Hardono, Asmen PLN Area Surabaya Utara mengatakan kabel yang terbakar hanyalah kaber instalasi antar PJU. “Sejauh ini untuk kabel 20 KV masih aman karena letaknya di sisi Madura arah Surabaya,” kata Luddie.

Berbeda dengan Dinas Pemadam Kebakaran, PLN menduga penyebab kebakaran adalah ngefong atau terjadi ketidakstabilan arus. Ngefong sendiri kemungkinan akibat dari sambungan kabel yang tidak sempurna.

Beton Penutup Jalur Motor Suramadu Dibongkar

Sementara, pada pukul 22.00 WIB pihak pengelola Jembatan Suramadu datangkan satu unit crane untuk membongkar beton penutup box culvert jalur sepeda motor Jembatan Suramadu. Pembongkaran harus dilakukan untuk memperbaiki serta mengetahui penyebab kebakaran yang melanda jaringan kabel di bawah jembatan.

Proses pembongkaran beton sendiri juga tampak sulit karena ketebalan beton mencapai 30 cm dan terpasang cukup rapat. Beberapa bagian beton terpaksa juga dibongkar paksa dengan dibordrill.

Menurut Mujiono selaku Kepala Gerbang Tol Suramadu mengatakan proses pembongkaran beton kemungkinan memerlukan waktu cukup lama. “Mungkin sampai besok jalur motor masih akan kami alihkan,” ujarnya.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Massa Pendukung 02 Siap #PutihkanGBK, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk menghindari...
Kanal: Nasional