Loading...

Sultan Buka Festival Anggrek Merapi

YOGYAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Sri Sultan Hamengku Buwono X akan membuka langsung Festival Anggrek Vanda Tricolor atau anggrek merapi di Taman Anggrek Titi Orchids, Kabupaten Sleman, 1-5 Agustus 2018.

“Anggrek Vanda Tricolor ini merupakan anggrek khas lereng Gunung Merapi yang terkenal sangat cantik,” kata Ketua Panitia Festival Angrek 2018 Endang Semiarti di Sleman, Minggu (1/7/2018).

Menurut dia, festival yang telah digelar untuk keempat kalinya ini juga dalam rangka mempromosikan anggrek Khas Merapi sebagai ciri khas flora Sleman.

“Festial ini juga untuk mengedukasi masyarakat mengenai Anggrek Merapi dan melestarikan anggrek di lereng Merapi yang rawan punah karena diterjang erupsi Merapi,” katanya.

Ia mengatakan, Festival Anggrek Tricolor tersebut selain dimaksudkan untuk melestarikan dan menumbuhkembangkan tanaman anggrek Vanda Tricolor juga untuk meningkatkan apresiasi terhadap tanaman anggrek secara umum.

“Sleman merupakan kawasan di lereng Gunung Merapi yang memiliki potensi dan kecocokan lahan untuk budi daya anggrek. Namun saat ini anggrek Tricolor khususnya Tricolor Merapi semakin langka,” katanya.

Endang mengatakan, dalam festival ini juga digelar pameran dan bursa anggrek, demo merangkai anggrek Vanda Tricolor, pelatihan budi daya anggrek, pelatihan menanam anggrek dan klinik kesehatan tanaman anggrek, serta lomba mewarnai dan melukis.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Eka Priastana Putra mengatakan bahwa Festival Anggrek Tricolor ini merupakan event yang strategis yang diharapkan dapat mendukung kepariwisataan daerah.

“Event ini diharapkan dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya, sehingga menjadi event pariwisata yang senantiasa ditunggu-tunggu oleh masyarakat umum dari berbagai daerah,” katanya.

Ia berharap para peserta selain nantinya mengikuti event festival anggrek ini juga sekaligus dapat mengekplorasi destinasi lain di kawasan lereng Gunung Merapi dan destinasi lain di Yogyakarta secara umum.

Berita Lainnya
Heli MI-8 Lakukan ‘Water-Bombing’ Wilayah Terdampak Likuifaksi Sulteng PALU, TAJUKTIMUR.COM – Helikopter MI-8 mulai melakukan kegiatan water-bombing atau pengemboman material disinfektan di wilayah terdampak likuifaksi, seperti Petobo, Balar...
Iklan Rekening Dianggap Curi Start Kampanye, Ini Komentar Erick Thohir JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menanggapi soal adanya dugaan pelanggaran kampanye dalam pemasangan iklan berisi nomor reken...
Istri Meninggal Dunia Saat Suami Tunaikan Tugas SAR di Palu PALU, TAJUKTIMUR.COM — Alfrits Rottie, anggota Basarnas Gorontalo sedang sibuk melakukan misi kemanusiaan terhadap korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, tiba-...
Ketika Suara Kaum Ibu Menjadi Kekuatan Politik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tingginya tingkat populasi (jumlah) kaum perempuan di Indonesia ternyata menjadi target tersendiri dalam dunia politik terutama saat pilpres. Ta...
AMCF Dirikan Tenda Hunian Sementara untuk Pengungsi Gempa Donggala DONGGALA,TAJUKTIMUR.COM - Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) mendirikan tenda hunian sementara (huntara) untuk korban gempa dan tsunami di Lapangan Bola Sipi, Sipi, Si...
Kanal: Nasional