Loading...

Tahun Politik, Medsos Milik ASN Diawasi

PANGKALPINANG (TAJUKTIMUR.COM) – Memasuki tahun pilkada serentak 2018, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah meminta Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) mengawasi media sosial (Medsos) seluruh aparatur sipil negara (ASN) setempat.

Pengawasan medsos ASN guna menjaga netralitas selama Pilkada 2018. Abdul pun menghimbau kepada seluruh ASN untuk tidak mengunggah, mengklik, atau berfoto bersama dengan pasangan calon peserta Pilkada.

“Larangan itu berdasarkan Surat Edaran Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bernomor B/71/2017 tertanggal 27 Desember 2017,” katanya, Minggu (21/1/2018).

Selain itu, lanjutnya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara untuk menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pilkada.

“Kami akan menindaktegas ASN yang terlibat politik mendukung salah satu pasangan calon bupati/wali kota Pilkada 2018,” katanya.

Untuk itu, pihaknya akan mengoptimalkan peran Diskominfo provinsi, kabupaten/kota mengawasi media sosial ASN.

Selain itu, meningkatkan kerja sama dengan Bawaslu dan keterlibatan serta peran masyarakat dalam mengawasi ASN selama pemilihan kepala daerah tahun ini yang akan diselenggarakan di Kabupaten Bangka, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang.

“Kalau ada yang melapor disertai bukti, tentu kita akan bersikap menindak ASN yang terlibat politik praktis tersebut,” ujarnya.

Ia mengimbau ASN khususnya di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel untuk menjaga netralitas agar penyelenggaran pemilihan kepala daerah ini berjalan dengan kondusif, berkualitas.

“Kami berharap masyarakat untuk berperan aktif dan melapor ke Diskominfo apabila ditemukan media sosial ASN mendukung salah satu calon peserta Pilkada tahun ini,” katanya menambahkan.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Seluma Bengkulu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,3 mengguncang Seluma, Bengkulu, Sab...
Jumat ini KPK Jadwalkan Ulang pemeriksaan Rommy JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Romah...
Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Pangandaran JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 4,7 terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. P...
Penyebar Konten Terorisme Diancam UU-ITE, PKS: Bersikap Bijaklah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menanggapi kejadian terorisme yang membunuh puluhan umat Islam yang sedang...
F-PKS Minta Kemenlu dan KBRI Lindungi WNI di Selandia Baru JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengutuk penembakan brutal kepada pulu...
Kanal: Nasional