Loading...

TajukTimurCom Ikut Menjaga Objektivitas Pemberitaan Saat Pilkada dan Pemilu

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Pilkada dan Pemilu adalah bagian dari aspek pembangunan manusia dan pembamgunan politik di Indonesia, karena itu Antara akan melaksanakan tugasnya dengan objektif.

Sebelumnya Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred) Indonesia sepakat untuk menyukseskan helat demokrasi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Kesepakatan itu dideklarasikan pada salah satu hotel di Kota Padang dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

Isi deklarasi tersebut adalah, Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred) meyakini bahwa demokrasi itu adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Demokrasi harus menghasilkan pilihan terbaik agar tujuan kesejahteraan bisa dicapai. Pers bertugas untuk terus berupaya mendorong agar demokrasi menghasilkan orang terbaik untuk negeri ini.

Oleh sebab itu, anggota Forum Pemred menyatakan:

1. Komitmen untuk menyukseskan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 yang diselenggarakan dengan mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, transparan, proportional, profesional, efisien, efektif dan dapat dipertanggung jawabkan.

2. Menjunjung kode etik jurnalistik, profesionalisme profesi serta menjaga norma kesantunan dalam meliput dan menulis berita terkait Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 khususnya, dan tugas jurnalistik lain pada umumnya.

3. Menjaga objektivitas pemberitaan, dan menghormati dan memberikan porsi yang sesuai kepada semua peserta Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

4. Percaya bahwa penyelenggara Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 serta semua elemen terkait kan melaksanakan tugasnya dengan profesional, jujur dan adil demi kemaslahatan bangsa.

5. Menghimbau kepada semua peserta Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 agar berkompetisi secara sehat, menghindari kampanye negatif, disinformasi, ataupun pengguna isu-isu SARA (Suku, Agama & Ras) yang dapat memecah belah bangsa, dan akan mengedepankan program konstruktif untuk mencerdaskan dan membangun bangsa.

6. Mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk berpatisipasi secara damai, tertib dan toleran dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

(fr)

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Massa Pendukung 02 Siap #PutihkanGBK, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk menghindari...
Kanal: Nasional