Loading...

Tanamkan Jiwa Bahari, PJ91 Gelar Reuni diatas KRI 591

SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM, – Purna Jambore Nasional 1991 (PJ91) provinsi Jawa Timur kembali menggelar acara reuni bagi para mantan peserta Jambore Nasional Pramuka Penggalang diseluruh Indonesia untuk yang kedua kalinya (GR 2). Setelah sebelumnya, pada tahun lalu berhasil menggelar acara GR 1 di kawasan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

Berbeda dengan kegiatan reuni terdahulu yang hanya dihadiri oleh kalangan purna Jamnas ke-5 (tahun 1991) yang dikemas dalam kegiatan persami, pada tahun ini kegiatan diiikuti oleh ‘lintas’ purna Jamnas dan diselenggarakan diatas kapal perang yang berada di kawasan militer jajaran Markas Komando Armada 2, Surabaya. Dikatakan lintas purna Jamnas karena beberapa peserta yang hadir berusia lanjut (diatas 60 tahun) dan ada yang masih berusia belia (16 tahun).

Para peserta yang hadir umumnya juga tergabung dalam Ikatan Purna Jamnas Indonesia (IPJI), diantaranya berasal dari mantan peserta Jamnas tahun 1973, 1981, 1986, 1991, 2001, dan 2016. Meskipun belum seluruh angkatan Jamnas yang ikut hadir, namun hal itu sudah sangat luar biasa bagi panitia, lantaran tidak mudah mencari dan mengumpulkan para mantan peserta Jamnas yang jumlahnya ribuan.


“Kami berusaha mencari kawan-kawan kami yang dahulu pernah bersama-sama mengikuti Jamnas, baik melalui jejaring medsos atau dengan berkunjung kerumahnya. Tidak mudah memang, sebab sudah 27 tahun berlalu”, ungkap Aryanto ketua Panitia GR 2 yang hingga kini masih menyimpan banyak  dokumentasi Jamnas 1991.Lebih lanjut Aryanto menjelaskan bahwa GR 2 dilaksanakan berdasarkan AD/ART PJ91 yang telah ditetapkan pada Rakernas I PJ91, dimana para anggota/pengurus PJ91 dapat melakukan berbagai kegiatan organisasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.


“Kegiatan kali ini terlaksana atas kerjasama tim daerah PJ 91 Jawa Timur dibantu TNI AL , dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi dan persaudaraan sesama PJ91, serta meningkatkan rasa kebangsaan bagi anggota Purna Jamnas”, ujar Aryanto didalam sambutannya.Terkait dengan kegiatan reuni diatas kapal perang (KRI 591), panitia memang sengaja memperbolehkan para peserta membawa anggota keluarganya, khususnya anak-anak. Sebab hal ini terkait dengan tujuan dan tema yang diambil panitia GR2, yaitu  “Menanamkan Jiwa Bahari Warisan Nenek Moyang Kita Seorang Pelaut”, yang terselenggara berkat kerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut Markas Komando Armada 2 (TNI AL Mako Armada 2), Surabaya – Jawa Timur.


Dalam kegiatan tersebut setidaknya dikuti oleh 350-an orang terdiri dari 138 orang peserta dari PJ91, 41 orang dari lintas angkatan PJ, 97 orang anggota keluarga PJ91, dan 74 orang personel TNI AL Mako Armada 2.
Meski berbeda generasi dan latarbelakang profesi maupun adat budaya, ratusan peserta yang hadir  tampak begitu antusias berbaur dan bergembira mengikuti berbagai rangkaian kegiatan mulai dari kunjungan ke Monumen Jalesveva Jaya Mahe (Monumen Yos Sudarso) dan kegiatan di Kapal Republik Indonesia (KRI) 591.

“KRI Teluk Penyu yang dulu pernah digunakan buat kegiatan Widya Wisata Jamnas 91 kini sudah masuk masa konservasi karena usianya yang sudah tua. Dan kali ini merupakan suatu kehormatan bagi KRI Surabaya bisa mendukung kegiatan reuni PJ91,” ungkap Mayor M.Achnaf dalam sambutannya mewakili Komandan KRI sekaligus Komandan Armada II, Surabaya.

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Massa Pendukung 02 Siap #PutihkanGBK, Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pihak kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk menghindari...
Kanal: Nasional