Loading...

Waspadai Gelombang Tinggi Pantai Selatan

SUKABUMI, TAJUKTIMUR.COM – Bupati Sukabumi Marwan Hamami meminta masyarakat mewaspadai gelombang tinggi laut selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang bisa memicu pasang air laut sehingga luapannya mencapai pesisir pantai.

“Sekarang sudah mulai masuk musim angin barat yang diperkirakan hingga Maret, biasanya pada musim ini gelombang cukup tinggi yang dipicu angin berhembus cepat. Sehingga ini harus diwaspadai semua pihak apalagi sekarang musim liburan yang beberapa titik pantai banyak didatangi wisatawan,” katanya di Sukabumi, Senin.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan laut, maka pihaknya sudah menyiagakan relawan yang berkoordinasi dengan anggota TNI, Polri dan Basarnas Pos Sukabumi serta SAR Daerah Kabupaten Sukabumi.

Namun untuk saat ini, kata dia, gelombang masih bisa dikatakan normal walaupun sudah mulai ada peningkatan. Karena itu untuk meminimalisasikan adanya kejadian semua harus waspada dan wisatawan pun tidak melakukan aktivitas yang bisa memicu terjadinya kecelakaan laut.

Namun, kata dia, pihaknya juga mengimbau kepada warga maupun wisatawan agar tidak percaya dengan informasi hoaks pascatsunami yang terjadi di perairan Selat Sunda yang memporak-porandakan sebagaian wilayah Lampung dan Banten.

“Musim angin barat merupakan fenomena alam yang setiap tahun terjadi dan untuk warga pesisir kami yakin sudah mengetahui cara bertindak serta nelayan pun diimbau agar tidak melaut jika gelombang tinggi,” katanya.

Marwan mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima informasi adanya kecelakaan, namun diharapkan tidak terjadi. Maka dari itu, seluruh jajaran pemerintahan yang ada di Kabupaten Sukabumi untuk selalu siaga 24 jam agar jika terjadi bencana dampaknya bisa diminalisasikan.

Sementara, informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk tinggi gelombang di perairan laut Jabar khususnya Sukabumi 1,25-2,5 meter dengan kecepatan angin 3-10 knots.

Berita Lainnya
Pakar Hukum: Pembebasan Baasyir Bisa Kacaukan Sistem Hukum JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar menilai pembe...
Menkominfo Dorong Anak Muda Buat Konten Kreatif di Medsos JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak anak-anak muda, ter...
KPU tak lagi Bocorkan Kisi-Kisi Debat Pilpres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak lagi memberikan kisi-kisi pertanyaan ...
Ustaz Abu Bakar Ba’asyir Bebas, TKN: Bukti Jokowi Cinta Ulama JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syad...
Pengamat: Debat Pilpres Pertama Membosankan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengamat politik dari UIN Jakarta, Adi Prayitno, menilai secara umum debat...
Kanal: Nasional