Loading...

Wiranto: Pilkada Serentak Berjalan Lancar dan Aman

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Menkopolhukam Wiranto mengatakan bahwa pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak di 171 daerah di Indonesia yang digelar Rabu, secara umum berjalan lancar dan aman.

Hal itu disampaikan Wiranto saat memimpin rapat dan konferensi video di Mabes Polri, Jakarta, Rabu.

“Hari ini kami video konferens untuk mendapat laporan lengkap penyelenggaraan Pilkada Serentak. Dari laporan kapolda, pangdam, dandim, alhamdulillah seluruh wilayah pemilihan di 171 wilayah secara umum aman, lancar, tertib dan terkendali,” kata Wiranto.

Dari 171 daerah pemilihan, terdapat 387.586 tempat pemungutan suara (TPS). Dari jumlah tersebut, menurut dia, ada 10 TPS yang bermasalah.

Permasalahan tersebut seperti di beberapa daerah mengalami kekurangan surat suara ataupun surat suara dibawa kabur petugas KPPS.

“Tapi hal itu sudah bisa diatasi,” katanya.

Terkait netralitas aparat, pihaknya mengatakan tidak mendapat laporan pelanggaran netralitas pada pelaksanaan pemungutan suara.

“Tidak ada pelanggaran netralitas,” katanya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada para anggota Polri, TNI dan BIN yang telah mengamankan rangkaian Pilkada Serentak.

Pengamanan Pilkada tidak akan berakhir hingga hari ini saja, namun akan dilanjutkan hingga tahap perhitungan suara di KPUD masing-masing wilayah.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala BIN Jenderal Pol Budi Gunawan dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Para kapolda, kapolres, pangdam dan dandim di 171 wilayah juga turut mengikuti acara tersebut melalui konferensi video.

Pada 27 Juni 2018 digelar pemungutan suara dalam Pilkada Serentak di 171 daerah yang meliputi 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten.

Berita Lainnya
Artis Inneke Koesherawati Diamankan KPK JAKARTA, -TAJUKTIMUR.COM -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan artis Inneke Koesherawati, istri terpidana perkara korupsi, Fahmi Dar...
Ciptakan Kebersamaan dan Integritas, TNI-Wartawan Outbond Bersama BOGOR, TAJUKTIMUR.COM - TNI bersama Wartawan lakukan outbond yang diselenggarakan sebagai upaya untuk menjaga dan menciptakan kebersamaan serta integr...
Aturan Listrik Surya Atap Bakal Segera Diterbitkan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal segera menerbitkan aturan atau regulasi terkait pemasangan Pembangki...
Negara Anggota FAO Apresiasi Kebijakan Indonesia di Bidang Kehutanan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Demi menjaga kemaslahatan umat manusia, PBB telah mencanangkan Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkela...
Pemerintah Ajukan Geopark Maros ke Unesco JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Kementerian Pariwisata akan mengajukan Geopark Maros ke UNESCO sebagai taman bumi kelas dunia atau UNESCO Global Geopark. ...
Kanal: Nasional