Loading...

Wiranto: Pilkada Serentak Berjalan Lancar dan Aman

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Menkopolhukam Wiranto mengatakan bahwa pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak di 171 daerah di Indonesia yang digelar Rabu, secara umum berjalan lancar dan aman.

Hal itu disampaikan Wiranto saat memimpin rapat dan konferensi video di Mabes Polri, Jakarta, Rabu.

“Hari ini kami video konferens untuk mendapat laporan lengkap penyelenggaraan Pilkada Serentak. Dari laporan kapolda, pangdam, dandim, alhamdulillah seluruh wilayah pemilihan di 171 wilayah secara umum aman, lancar, tertib dan terkendali,” kata Wiranto.

Dari 171 daerah pemilihan, terdapat 387.586 tempat pemungutan suara (TPS). Dari jumlah tersebut, menurut dia, ada 10 TPS yang bermasalah.

Permasalahan tersebut seperti di beberapa daerah mengalami kekurangan surat suara ataupun surat suara dibawa kabur petugas KPPS.

“Tapi hal itu sudah bisa diatasi,” katanya.

Terkait netralitas aparat, pihaknya mengatakan tidak mendapat laporan pelanggaran netralitas pada pelaksanaan pemungutan suara.

“Tidak ada pelanggaran netralitas,” katanya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada para anggota Polri, TNI dan BIN yang telah mengamankan rangkaian Pilkada Serentak.

Pengamanan Pilkada tidak akan berakhir hingga hari ini saja, namun akan dilanjutkan hingga tahap perhitungan suara di KPUD masing-masing wilayah.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala BIN Jenderal Pol Budi Gunawan dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Para kapolda, kapolres, pangdam dan dandim di 171 wilayah juga turut mengikuti acara tersebut melalui konferensi video.

Pada 27 Juni 2018 digelar pemungutan suara dalam Pilkada Serentak di 171 daerah yang meliputi 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten.

Berita Lainnya
Gunung Anak Krakatau alami 49 kegempaan Letusan BANDARLAMPUNG, TAJUKTIMUR.COM - Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung sepanjang Kamis (18/10) hingga Jumat dini hari mengalami ...
Heli MI-8 Lakukan ‘Water-Bombing’ Wilayah Terdampak Likuifaksi Sulteng PALU, TAJUKTIMUR.COM – Helikopter MI-8 mulai melakukan kegiatan water-bombing atau pengemboman material disinfektan di wilayah terdampak likuifaksi, seperti Petobo, Balar...
Iklan Rekening Dianggap Curi Start Kampanye, Ini Komentar Erick Thohir JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menanggapi soal adanya dugaan pelanggaran kampanye dalam pemasangan iklan berisi nomor reken...
Istri Meninggal Dunia Saat Suami Tunaikan Tugas SAR di Palu PALU, TAJUKTIMUR.COM — Alfrits Rottie, anggota Basarnas Gorontalo sedang sibuk melakukan misi kemanusiaan terhadap korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, tiba-...
Ketika Suara Kaum Ibu Menjadi Kekuatan Politik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tingginya tingkat populasi (jumlah) kaum perempuan di Indonesia ternyata menjadi target tersendiri dalam dunia politik terutama saat pilpres. Ta...
Kanal: Nasional