Loading...

Yogyakarta Raih Penghargaan Penyelenggara Angkutan Lebaran Terbaik

YOGYAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Daerah Istimewa Yogyakarta bersama tiga provinsi lainnya (Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta) mendapat piagam penghargaan sebagai Penyelenggara Angkutan Lebaran Tahun 2018 Terbaik dari Menteri Perhubungan RI. Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Raharjo, mengungkapkan penghargaan tersebut baru diberikan tahun ini terhadap layanan angkutan Lebaran.

‘’Saya tidak tahu apa saja yang menjadi kriteria untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Barangkali mungkin karena menurunnya tingkat kemacetan, menurunnya tingkat kecelakaan, pelayanan, dan ketertibannya baik,’’ kata Sigit, Kamis (12/7).

Ia mengaku bersyukur, pelayanan angkutan Lebaran di wilayah DIY berjalan dengan lancar. ‘’Alhamdulillah, di DIY karena areanya kecil menjadi lancar semua. Koordinasi dengan pihak kepolisian juga intens apabila ada apa-apa selalu dilaporkan,’’ ujarnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Bidang Humas Polda DIY, AKBP Yulianto, menyatakan tingkat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) pada arus mudik maupun arus balik Lebaran 2018 di wilayah DIY tercatat berkurang dibandingkan tahun lalu. Hal ini kemungkinan karena semakin banyak kendaraan yang tidak lewat Yogyakarta setelah adanya jalan tol.

‘’Alhamdulillah, angka kecelakaan lalu lintas di DIY menurun dibandingkan tahun lalu,’’ ujar AKBP Yulianto.

Ia merinci, sebelum hari H Lebaran, jumlah kejadian kecelakaan tercatat turun sebesar 21 persen dibandingkan tahun lalu. Kemudian setelah hari H jumlah kejadian kecelakaan mengalami penurunan sekitar 14 persen.

“Penurunan tersebut kemungkinan karena banyak kendaraan yang tidak lewat Yogyakarta setelah adanya pembukaan sejumlah ruas jalan tol,” katanya.

Menurutnya, jajaran Polda sampai Polsek di DIY dari sebelum hingga setelah Lebaran menggelar Operasi Ketupat Progo 2018. Hal ini untuk melaksanakan kegiatan berkaitan dengan pengamanan menjelang, selama, hingga setelah Lebaran.

Pada tahun ini pula, dibentuk Pos Terpadu yang diisi oleh petugas dari beberapa instansi termasuk anggota Polres lintas wilayah terutama di Kabupaten Kulonprogo. Hal ini menyusul adanya kerja sama antara Polda DIY dengan Polda Jawa Tengah.

Berita Lainnya
Gunung Anak Krakatau alami 49 kegempaan Letusan BANDARLAMPUNG, TAJUKTIMUR.COM - Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung sepanjang Kamis (18/10) hingga Jumat dini hari mengalami ...
Heli MI-8 Lakukan ‘Water-Bombing’ Wilayah Terdampak Likuifaksi Sulteng PALU, TAJUKTIMUR.COM – Helikopter MI-8 mulai melakukan kegiatan water-bombing atau pengemboman material disinfektan di wilayah terdampak likuifaksi, seperti Petobo, Balar...
Iklan Rekening Dianggap Curi Start Kampanye, Ini Komentar Erick Thohir JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menanggapi soal adanya dugaan pelanggaran kampanye dalam pemasangan iklan berisi nomor reken...
Istri Meninggal Dunia Saat Suami Tunaikan Tugas SAR di Palu PALU, TAJUKTIMUR.COM — Alfrits Rottie, anggota Basarnas Gorontalo sedang sibuk melakukan misi kemanusiaan terhadap korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, tiba-...
Ketika Suara Kaum Ibu Menjadi Kekuatan Politik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tingginya tingkat populasi (jumlah) kaum perempuan di Indonesia ternyata menjadi target tersendiri dalam dunia politik terutama saat pilpres. Ta...
Kanal: Nasional