Loading...

Yusril Minta KPU Verifikasi Faktual Ulang PBB

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengusulkan kepada Komisi Pemilih Umum (KPU) untuk melakukan verifikasi faktual ulang terhadap partainya.

“Dalam sidang mediasi, kami mengusulkan agar KPU melakukan verifikasi ulang terhadap enam orang anggota PBB di Kabupaten Manokwari Selatan,” ujar Yusril di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan PBB sebenarnya sudah memenuhi syarat keanggotaan dan kepengurusan di semua provinsi, kabupaten, dan kota, seperti yang ditentukan KPU dalam verifikasi faktual.

Yusril kemudian menjelaskan enam Anggota PBB sebelumnya sudah datang ke KPU Manokwari Selatan untuk diverifikasi. Namun, menurut dia, penyelenggara pemilu meminta agar anggota yang datang berasal dari tiga kecamatan.

Delapan Anggota PBB, kata dia, pada hari berikutnya kemudian kembali hadir di KPU Manokwari Selatan, tetapi kali ini pihak KPU gagal mengakses data sistem informasi partai politik (Sipol).

Delapan Anggota PBB itu kemudian diminta datang pada hari berikutnya, tutur Yusril.

“Saat para anggota datang lagi keesokannya, pihak KPU mengatakan waktu untuk verifikasi faktual partai sudah berakhir, dan PBB dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” terang Yusril.

Namun, setelah dikoreksi, KPU Papua Barat menyatakan PBB memenuhi syarat dan itu telah diumumkan dalam rapat pleno mereka, ungkap dia.

“Belakangan, menurut KPU keputusan itu dikoreksi Bawaslu Papua Barat, tapi tidak pernah diumumkan ke publik, sampai akhirnya KPU menyatakan PBB TMS di Kabupaten Manokwari Selatan,” ucap Yusril.

PBB, ujar dia, juga memberikan usulan lain kepada KPU.

“Kami juga mengusulkan agar KPU Papua Barat melakukan mengoreksi (reinfoi) Berita Acara Rekapitulasi agar sesuai dengan hasil keputusan rapat pleno yang menyatakan PBB memenuhi syarat, sebagaimana telah diumumkan ke publik,” ujar Yusril.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
KPU Tetapkan DPT Hasil Perbaikan untuk Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno terbuka Daftar Pemilih T...
Polisi Tangkap Perusak Atribut Partai Demokrat di Pekanbaru PEKANBARU, TAJUKTIMUR.COM - Polisi telah menangkap seorang terduga perusak atribut Partai Demokrat d...
Kapendam Cendrawasih: Situasi Nduga Berangsur Normal JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, mene...
SBY Sayangkan Perusakan Atribut Demokrat di Pekanbaru RIAU, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyayangkan perusa...
Bawaslu Catat 192.129 Laporan dan Pelanggaran Kampanye JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah menemukan dan menerima setidaknya 19...
Kanal: Nasional