Loading...

Ini Komentar Jokowi Setelah Stadion Utama GBK di Renovasi

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Hari ini Presiden Joko Widodo akan meresmikan hasil renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) sebelum menyaksikan pertandingan persahabatan antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Timnas Islandia. Tetapi presiden sudah mengungkapkan kekagumannya melalui akun facebook: presiden joko widodo @ jokowi, Sabtu (13/1/2018).

“Tujuh bulan sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018, renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno akhirnya selesai dan siap digunakan. Dan inilah wajah Stadion Utama GBK yang baru,” demikian dia tulis melalui akun tersebut.

Dia ungkapkan hasil renovasi membuat kapasitas stadion sedikit berkurang. Jika di awal pembangunannya oleh Presiden Soekarno stadion itu mampu menampung 100 ribu orang sekarang menjadi hanya 80 ribu saja.

Hal itu disebabkan perubahan bangku penonton. Pada awal pembangunannya bangku stadion itu seperti bangku taman yang panjang sehingga penonton bisa duduk berhimpitan.

Setelah direnovasi bangkunya berjenis tunggal dan bisa dilipat. Jadi setiap penonton akan duduk di satu bangku, tidak berhimpitan lagi seperti dahulu. Kondisi itu juga telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi.

Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kilogram dan tidak mudah ditarik sehingga dinilai mampu mencegah aksi vandalisme. Stadion ini juga sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan yakni dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong.

Penerangan lampu stadion itu berkekuatan 3.500 lux. Kekuatan itu tiga kali lebih terang dari sebelumnya. Meski begitu 50 persen lebih hemat karena menggunakan light emitting diode.

Presiden mengungkapkan pencahayaan itu merupakan salah satu yang terbaik  di dunia saat ini. Sistem pencahayaan tersebut juga terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO. Dengan tata suara seperti itu lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan pada upacara pembukaan nanti akan terdengar lebih dramatis.

Bukan hanya bangku penonton dan pencahayaan maupun tata suara, rumput stadion pun ditanam jauh lebih baik dari sebelumnya. Jenis rumput yang dipilih adalah jenis zoysia matrella yang dilengkapi alat penyiram otomatis hingga sistem drainase antibanjir.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Lima Tim dari Kabupaten/Kota di Malut Berebut Tiket Suratin Cup TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak lima tim asal kabupaten/kota di Maluku Utara (Malut) bersaing mem...
Arab Saudi Juara Piala U-19 Asia 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tim nasional sepak bola Arab Saudi merengkuh gelar juara Piala U-19 Asia 2...
Marquez Menangi GP Malaysia, Rossy Terjatuh KUALA LUMPUR, TAJUKTIMUR.COM - Juara dunia Marc Marquez memenangi Grand Prix Malaysia setelah Valent...
Newcastle Rasakan Kemenangan Perdana Musim Ini JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Newcastle United akhirnya merasakan kemenangan perdana musim ini dengan me...
Bupati Buka Kejuaraan Motorprix Open Tournament Saruma Cup Race LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Kejuaraan Daerah Motorprix Open Tournament Saruma Cup Race dan Pengukuhan K...
Kanal: Olahraga