Loading...

Prof. Satori: Adanya Kerusakan Karena Posisi Muslim Lemah

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Prof. Ahmad Satori Ismail menilai, adanya kerusakan di atas muka bumi disebabkan karena umat Islam tidak memiliki posisi yang kuat.

Tentunya yang dimaksud ketua umum Ikatan Dai Indonesia (IKADI) terkait umat Islam disini bukanlah sekedar beragama Islam semata, tetapi yang beriman dan bertaqwa.

Kalau umat Islam memiliki posisi yang kuat, yang lainnya tidak akan banyak berkutik. “Karena keadilan Islam sudah sangat jelas, kemudian di dalam sistem ataupun ajaran-ajaran (Islam) juga jelas,” kata Prof. Satori sebagaimana di wartakan oleh Republika.co.id  (24/9).

Seolah ingin menegaskan realitas sejarah yang tidak boleh dilupakan dan keluhuran ajaran Islam yang bisa terus dikaji, Prof. Satori menerangkan, ketika umat Islam berada di posisi puncak, kondisi dunia masih baik. Sebagai contohnya pada abad pertama hijriyah sampai abad kedelapan hijriyah saat masih ada Khilafah Islamiyah. Waktu itu umat Islam berada di posisi puncak.

Eksploitasi dan penjajahan terhadap suatu bangsa tidak terjadi ketika umat Islam berada di posisi yang kuat.  Hal ini juga dinyatakan di dalam surah al-Anfal ayat 73. Wal ladzina kafaru ba’dhuhum auliya-u ba’dh illa taf’aluhu takun fitnatun fil ardhi wa fasadun kabir.

“Artinya, orang-orang yang kafir bersatu padu dan bahu membahu, bila kamu (umat Islam) tidak melakukan seperti itu bahu membahu dan saling bersatu maka akan terjadi mala petaka yang besar juga akan terjadi kerusakan di atas bumi,” ujarnya.

Prof Satori beranggapan umat Islam adalah penyeimbang dan pengaman. Agar umat Islam  kuat, harus diwujudkan dengan persatuan.

Umat Islam yang jumlahnya sangat banyak ini kalau bersatu akan menjadi kekuatan yang sangat luar biasa. Selain itu, perekonomian umat juga harus diperkuat. Sebab, kalau tidak ada logistik, logika tidak akan jalan.

(bri/rol)

Berita Lainnya
Kita tak Butuh Status Bencana Nasional, Kita Butuh Solidaritas Nasional Oleh: Fahd Pahdepie * JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Secara hati-hati saya bertanya kepada sejumlah pi...
Perang Dagang USA vs China Oleh: Hari Mulyanto, Alumni Tannas UGM JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Genderang perang Amerika Serika...
PKS Tidak Berkhianat Oleh: Sapto Waluyo (Direktur Center for Indonesian Reform) Dinamika politik pasca pilkada serenta...
Menghargai Bangsa Sendiri Oleh: Shamsi Ali* JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Ada banyak hal yang menjadikan mata kita terbelalak ...
Peran Media Massa Dalam Memberantas Aksi Terorisme di Indonesia Oleh: Mayor Inf Suwandi* JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Terorisme merupakan musuh dunia yang tidak me...
Kanal: Opini