Loading...

Baznas: Polda Papua Barat Paling Lancar Bayar Zakat Profesi

MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM —- Anggota Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat dinilai paling lancar dalam membayar zakat profesi atau penghasilan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di instansi tersebut.

Wakil Ketua Bidang Pengumpulan dan Distribusi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Papua Barat, Sali Pelu di Manokwari, Senin, mengatakan, pihaknya sedang berupaya pengoptimalkan pengumpulan zakat profesi dari pegawai negeri, guru, anggota Polri serta TNI.

Baznas,kata Sali, telah membentuk sekitar 11 UPZ di kantor-kantor Instansi. Hal itu dilakukan untuk mempermudah pembayaran zakat dari personil atau pegawai Instansi tersebut.

“Sebetulnya sudah banyak instansi yang kami surati terkait pembentukan UPZ, namun cuma 11 yang merespon dan sudah terbentuk. Kami terus mengupayakan penambahan UPZ serta mengoptimalkan yang sudah ada,” kata Sali.

Menurutnya, masih banyak yang harus dilakukan Baznas di Papua Barat, diantaranya sosialosasi penyadaran membayar zakat dari seluruh warga muslim terutama yang mampu.

Ia berpandangan, kesadaran membayar zakat terutama zakat profesi di Papua Barat masih cukup rendah. Upaya penyadaran harus terus digenjot agar realisasi salah satu kewajiban syariat Islam tersebut meningkat.

Dari 11 UPZ yang terbentuk, lanjut Sali, ada empat yang rutin menyetor, yakni UPZ Polda Papua Barat, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), SMA Yapis serta SMK Negeri 1 Manokwari.

“Dari seluruh instansi, Polda Papua Barat yang paling aktif. Kami melihat Bapak Kapolda dan Wakapolda sangat mendukung sehingga realisasinya rutin setiap bulan,” katanya lagi.

Sali mengajak, seluruh masyarakat mengutamakan pembayaran zakat, karena zakat hukumnya wajib bagi yang sudah mampu.

“Selain zakat fitrah, ada juga zakat mall yang harus kita perhatikan, salah satunya zakat profesi. Baznas akan merealisasikan secara baik zakat umat, karena ini amanat dan tentunya kami laksanakan secara transparan,” pungkasnya.

Berita Lainnya
Tiga Puskesmas di Kepulauan Teluk Wondama Siap Beroperasi WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Tiga Puskesmas baru yang dibangun di daerah kepulauan Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat siap beroperasi pada tahun 2019. Tiga pusat keseha...
Keluarga Besar Minta Albert Torey Diabadikan sebagai Nama Jalan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Keluarga besar mantan bupati Teluk Wondama, Papua Barat mengusulkan nama Alberth Torey diabadikan sebagai nama jalan di kota Wasior. Perminta...
Pemprov Papua Barat Tingkatkan Produksi Sayur Petani Lokal SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua Barat terus berupaya meningkatkan produksi sayuran petani lokal agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. K...
BPBD: Gedung di Papua Barat Minim Jalur Rvakuasi MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat mengungkapkan Pengelola hotel, rumah makan serta gedung-gedung besar di wilaya...
Pemkab Teluk Bintuni Kembangkan Sekolah Model MANOKWARI, TAJUKTIKUR.COM - British Petroleum Indonesia mengembangkan sekolah model di Kabupaten Teluk Bintuni untuk mendukung pendidikan serta mengangkat potensi fashion...
Kanal: Papua Barat