Loading...

BPBD: Gedung di Papua Barat Minim Jalur Rvakuasi

MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat mengungkapkan Pengelola hotel, rumah makan serta gedung-gedung besar di wilayah provinsi Papua Barat saat ini masih minim bahkan hampir tidak ada yang memasang jalur evakuasi bencana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua Barat, Derek Ampnir mengatakan, Papua Barat merupakan salah satu daerah rawan bencana gempa bumi dan tsunami.

“Masyarakat dan pelaku usaha harus di Papua Barat harus belajar dari daerah lain yang tertimpa bencana. Mitigasi bencana penting untuk menekan resiko, terutama korban jiwa,” katanya.

Ampnir menyebutkan, BPBD akan melakukan evaluasi total terhadap hotel rumah makan, pasar dan gedung-gedung besar di Papua Barat.

“Gempa itu tidak memakan korban, yang banyak memakan korban biasanya bangunan dan tsunami. Seperti di Palu dan Donggala belum lama ini seribu lebih saudara-saudara kita meninggal,” kata dia.

Para pemilik usaha serta instansi terkait akan dikumpulkan untuk saling memberi masukan.

Ia menjelaskan pemilik hotel, pengelola pasar, rumah makan, dan gedung-gedung besar wajib memasang rambu-rambu sebagai jalur evakuasi. Hal ini untuk memudahkan pengunjung menyelamatkan diri saat bencana terjadi.

“Selama ini setiap kali ada kegiatan kebencanaan, kami sudah berusaha mengudang pemilik hotel, rumah makan dan lain, tapi mereka tidak datang dan seakan malas tau. Ini tidak bagus sikap ini harus dianulir,” katanya.

Pemahaman kebencanaan bagi seluruh pemilih hotel dan fasilitas publik sangat penting, mengingat usaha mereka melibatkan orang lain dalam skala besar baik sebagai karyawan maupun tamu.

Ia berharap, para pemilik hotel harus peduli.

“Jangan malas tahu terhadap keselamatan orang lain di lingkungan kerja atau usaha anda,” tegasnya.

Berita Lainnya
BPBD: Alat Pendeteksi Tsunami di Kabupaten Raja Ampat Rusak WAISAI, TAJUKTIMUR.COM - Alat pendeteksi tsunami yang dipasang oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat ...
Sinergi Muhammadiyah Lahirkan Transformasi di Sorong SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Muhammadiyah terus melebarkan sayap-sayap berkemajuan. Masyarakat di daerah...
Warga Muhammadiyah Diminta tak Berlebihan Dukung Capres SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir mengingatkan warga Muhammadiyah...
BPS: Transportasi udara sumbang inflasi tertinggi Manokwari MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Kenaikan harga tiket transportasi udara menjadi penyumbang inflasi terti...
Ini Harga Terbaru BBM Non Subsidi di Papua Barat dan Papua SORONG, TAJUKTIMUR.COM - PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga BBM Non Subsidi seiring ...
Kanal: Papua Barat