Loading...

Bupati Ajak Seluruh Elemen Berkontribusi Bangun Teluk Wondama

WASIOR, TAJUTIMUR.COM – Bupati Teluk Wondama, Papua Barat Bernadus Imburi mendorong semua elemen masyarakat terus memberikan kontribusi positif untuk kemajuan daerah.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 diharapkan menjadi momentum untuk terus menggelorakan semangat membangun daerah sesuai peran dan fungsi masing-masing.

Sumbangsih sekecil apapun akan menjadi kontribusi yang besar dan luar biasa bagi pembangunan Teluk Wondama ke depan.

“Meskipun prosentase penduduk miskin di Teluk Wondama masih di bawah rata-rata Provinsi Papua Barat dan nasional namun kita harus terus menurunkannya. Kita juga harus dan terus berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan di bidang pendidikan dan kesehatan, “ kata Imburi.

Bupati menyerukan itu dalam pidatonya pada resepsi kenegaraan dan pesta rakyat dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 di Taman Masasoya Topai, Wasior, Jumat malam lalu.

Adapun sesuai data BPS tahun 2016, Kabupaten Teluk Wondama merupakan daerah dengan populasi penduduk miskin terbanyak kedua di Provinsi Papua Barat. Wilayah yang terdiri atas 13 distrik, 75 kampung dan satu kelurahan ini hanya sedikit lebih baik dari Kabupaten Pegunungan Arfak.

IPM Wondama sendiri masih berada pada peringkat 9 dari 13 kabupaten/kota di Papua Barat. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan IPM, selain peningkatan angka lama sekolah, rata-rata lama sekolah serta angka harapan hidup juga akan terus diupayakan peningkatan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan sektor pariwisata.

Utamanya melalui pengembangan ekowisata pembangunan pariwisata berbasis masyarakat. Imburi juga menekankan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, perumahan juga fasilitas pendidikan dan kesehatan yang masih terbatas akan terus ditingkatkan.

Termasuk penuntasan permasalahan sosial seperti masih maraknya minuman keras, penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja, tingginya angka perceraian serta konflik sosial.

“Untuk menjawab tantangan dan permasalahan tersebut sekali lagi kita membutuhkan kerja keras, perjuangan, komitmen dan kerjasama semua elemen yang ada di Wondama, “ ujar orang nomor satu Wondama ini.

Berita Lainnya
APBD 2019 Kabupaten Sorong Sebesar Rp1,9 Trilyun SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Sidang paripurna DPRD Kabupaten Sorong secara resmi ditutup oleh Ketua DPRD...
Ratusan Guru di Teluk Wondama belum Bersertifikat WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Ratusan guru di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, belu...
Kemendes dan PDT Kembangkan Agrowisata Kampung Dusner Teluk Wondama WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes dan PDT) akan...
Wabup Indubri: 10,79 Persen APBD Teluk Wondama untuk Pendidikan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat mengalokasikan 10,79 persen...
Kemendag Jamin Harga Bahan Pokok di Papua Barat Terkendali SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Perdagangan menjamin harga serta stok bahan pokok atau bapok di...
Kanal: Papua Barat