Loading...

Eddo Kondologit Diangkat Sebagai Duta Konservasi

MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM – Conservacy International (CI) mengangkat Eddo Kondologit sebagai duta konservasi untuk mendorong program pembangunan berkelanjutan di wilayah Provinsi Papua Barat.

Ditemui di Manokwari, Rabu, Eddo mengatakan Papua Barat memiliki kekayaan alam melimpah baik di darat maupun laut. Keanekaragaman hayati di wilayah tersebut masih sangat terjaga.

Pencanangan Papua Barat sebagai provinsi konservasi menurutnya sangat tepat untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan.

“Bali bukanlah daerah yang kaya akan potensi sumber daya alam, mineral dan lain sebagainya. Tapi faktanya sekarang Bali menjadi daerah penyumbang pajak terbesar melalui sektor pariwisata,” kata dia.

Manurutnya, Papua Barat, bisa jauh lebih baik dibanding Bali. Potensi kekayaan alam Papua Barat diyakini berkali lipat lebih bagus dari pulau dewata.

“Di Raja Ampat dan sejumlah daerah lain seperti Kaimana, Teluk Wondama kita bisa melihat pemandangan alam bawah laut yang begitu indah. Di Pegunungan Arfak, Tambraw termasuk Raja Ampat kita juga bisa memantau burung cenderawasih. Itu tidak bisa didapat di Bali,” katanya.

Menurutnya, Bali besar dan dikenal wisatawan dari seluruh penjuru dunia karena masyarakat mendukung penuh program pariwisata. Seluruh potensi yang ada dikelola dan dikembangkan hingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

“Papua Barat juga bisa, potensi kekayaan alam dan budaya kita bisa menjadi magnet bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri,” ujarnya lagi.

Saat ini pemerintah daerah bersama sejumlah LSM, termasuk CI sedang menggodok peraturan daerah khusus (Perdasus) tentang provinsi konservasi. Rancangan Perdasus tersebut sudah diserahkan kepada DPR untuk dibahas dan disahkan.

Eddo berharap, DPR Papua Barat mempercepat pengesahan Raperdasus sebagai dasar hukum pelaksanaan program konservasi di daerah tersebut.

Berita Lainnya
SKK Migas Gelar Diskusi Provinsi Konservasi Papua MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - SKK Migas Perwakilan Wilayah Papua dan Maluku menggelar diskusi tentang ...
Gubernur Papua Barat Serahkan Bantuan Perlengkapan Usaha Perdagangan SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Pembangunan perekonomian bagi masyarakat di Provinsi Papua Barat harus dila...
29 Kampung di Teluk Wondama Segera Nikmati Penerangan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 29 Kampung di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, segera menikma...
Titik BBM Satu Harga Misool Resmi Beroperasi di Raja Ampat RAJA AMPAT, TAJUKTIMUR.COM - Pertamina bersama dengan Dewan Energi Nasional (DEN) dan Ditjen Migas ...
Pemkab Sorong Komitmen Beri Pelayanan Kesehatan SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Kesehatan bagi masyarakat menjadi komitmen dasar dalam memenuhi kebutuhan p...
Kanal: Papua Barat