Loading...

Indeks Kerukunan Umat Beragama Papua Barat Meningkat

MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM —- Indeks kerukunan umat beragama di wilayah Provinsi Papua Barat meningkat berdasarkan hasil penelitian Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan Pelatihan Kementerian Agama.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan di Manokwari, Kamis, mengatakan, kerukunan beragama di Papua Barat berada pada peringkat enam terbaik nasional. Indeks kerukunan di daerah ini berada pada angka 72,84 persen.

“Ini cukup bagus dan kita harus tingkatkan lagi. Kami mengajak seluruh komponen, tokoh agama, tokoh masyarakat sama-sama berkolaborasi menjaga Papua Barat agar terus aman damai dan sejahtera,” kata dia.

Ia menyebutkan, pemerintah provinsi Papua Barat pun terus berusaha agar kerukunan umat beragama di daerah ini terus meningkat. Bahkan, Dominggus ingin Papua Barat menjadi tolak ukur bagi daerah lain.

Pemerintah Papua Barat melalui Biro Pembangunan dan Bina Mental dalam dua tahun terakhir rutin melaksanakan program wisata rohani dan umroh. Melalui anggaran daerah Pemprov memberangkatkan perwakilan dari umat Kristen Protestan, Khatolik, Islam, Hindu dan Budha ke Israel, Arab Saudi dan India.

Menurut gubernur, hal ini sebagai upaya pemerintah daerah dalam menjamin kebebasan beragama dan peribadatan setiap pemeluk agama di daerah tersebut.

“Program bantuan pembangunan rumah ibadah pun kita dilakukan, namun belum maksimal karena anggaran kita terbatas,” sebut gubernur.

Ia juga berharap, pemerintah kabupaten/kota terus berupaya menjaga agar kerukunan beragama di setiap wilayah berjalan secara baik.

“Jangan ada konflik antar agama, suku, ras dan antar golongan. Pastikan semua beraktivitas secara baik, merasa nyaman, saling menghormati dan saling menjaga,” kata gubernur lagi.

Berita Lainnya
Bawaslu Kota Sorong Sosialisasi Pengawasan Pemilu SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Bawaslu Kota Sorong, Provinsi Papua Barat menggelar kegiatan sosialisasi pe...
Gubernur Dominggus: 86 Persen wilayah Papua Barat terang MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyatakan saat ini 86 persen w...
Ribuan Warga Papua Barat Deklarasikan Keselamatan Berkendara SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 30 ribu kaum milenial menghadiri Millennial Road Safety Festival d...
Warga Wasior di Teluk Wondama Khawatir Banjir Susulan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Warga Wasior Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat masih khawatir dan mewasp...
Banjir di Wasior, Ratusan Warga Bertahan Di Pengungsian WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Ratusan warga korban banjir dari Kampung Rado, Distrik Wasior, Kabupaten Te...
Kanal: Papua Barat