Loading...

Kaimana Gelar Aksi “Menghadap Laut”

MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah, masyarakat dan sejumlah elemen di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, menggelar aksi “Menghadap Laut” sebagai bagian dari rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Koordinator Gerakan Menghadap Laut Kaimana, Ali Auwe dalam siaran persnya mengatakan kegiatan yang melibatkan Conservation International (CI) itu dilakukan denga membersihkan
pantai dan laut di sepanjang pantai Bantemi Kaimana, dari air merah hingga tugu olahraga Kota Kaimana.

Secara serentak peserta berkumpul dan bergerak searah memungut sampah-sampah yang tercecer disepanjang pantai Bantemi Kaimana.

“Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah dan masyarakat Kaimana terhadap laut. Kita semua tentu menginginkan laut bersih dan ekosistem berlangsung sehat,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan digelar serentak di sepanjang pesisir pantai Indonesia. Aksi ini bagian dari gerakan yang digagas Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melalui Pandu Laut untuk membersihkan pantai dan laut di 73 titik di Indonesia.

Aksi ini berhasil mengumpulkan sampah beling sebanyak 70.6 kg, plastik 100 kg, kaleng 29 kg dan kain atau sampah campuran sebanyak 29 kg.

Pandu Laut merupakan gerakan kolektif yang independent, bersifat terbuka dan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Organisasi Pandu Laut bersifat kerelewanan yang berbasis di Pangandaran dan Jakarta.

Pembentukan organisasi ini untuk memastikan laut nusantara lebih bersih, lebih sehat dan dapat menghidupi masyarakat Indonesia dan dunia. Pandu Laut digagas oleh Susi Pudjiastuti, Bramantyo Satyamurti Poerwadi, Kaka SLANK, Ridho Hafiedz dan beberapa pegiat lingkungan lainnya.

Organisasi ini terbuka bagi siapa saja terutama generasi muda yang memiliki kepedulian untuk menjadikan laut nusantara bersih dari sampah, menjauhkan perusak dari laut nusantara serta ikut serta dalam mengembangkan kesejahteraan masyarakat pulau dan pesisir yang sebagian besar adalah nelayan.

Di Kaimana, aksi yang dilaksanakan pada Minggu (19/8) ini juga melibatkan Satpol Air Polres Kaimana, TNI Angkatan Laut, Satuan Pengawas SDKP Kaimana, BKIPM Wilker Kaimana, Satpol PP, Gerakan Pramuka Kwarcab 3306 Kaimana, Basarnas Kaimana serta Gereja Sidang Jemaat Allah.

Berita Lainnya
Tiga Puskesmas di Kepulauan Teluk Wondama Siap Beroperasi WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Tiga Puskesmas baru yang dibangun di daerah kepulauan Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat siap beroperasi pada tahun 2019. Tiga pusat keseha...
Keluarga Besar Minta Albert Torey Diabadikan sebagai Nama Jalan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Keluarga besar mantan bupati Teluk Wondama, Papua Barat mengusulkan nama Alberth Torey diabadikan sebagai nama jalan di kota Wasior. Perminta...
Pemprov Papua Barat Tingkatkan Produksi Sayur Petani Lokal SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua Barat terus berupaya meningkatkan produksi sayuran petani lokal agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. K...
BPBD: Gedung di Papua Barat Minim Jalur Rvakuasi MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat mengungkapkan Pengelola hotel, rumah makan serta gedung-gedung besar di wilaya...
Pemkab Teluk Bintuni Kembangkan Sekolah Model MANOKWARI, TAJUKTIKUR.COM - British Petroleum Indonesia mengembangkan sekolah model di Kabupaten Teluk Bintuni untuk mendukung pendidikan serta mengangkat potensi fashion...
Kanal: Papua Barat