Loading...

Kapolda: Jelang lebaran, Papua Barat Cukup Kondusif

MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM —- Menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri tahun 2018 situasi keamanan di wilayah Provinsi Papua Barat cukup kondusif.

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja di Manokwari, Senin, meninjau pos pengamanan lebaran di Manokwari. Didampingi Direktur Lalulintas Kombes Pol Indra Darmawan, Karo Ops Kombes Pol Moh Sagi, Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi serta Dandim 1703 Manokwari Letkol Hendriek Paulus Mote Kapolda meninjau pos pengamanan lebaran di empat titik keramaian di daerah tersebit.

Pada kesempatan itu, Kapolda mengatakan, pos pengamanan lebaran sudah dibentuk di titik-titik keramaian di seluruh wilayah Papua Barat. Selain TNI dan Polri, pos tersebut di isi personil dari Badan Pencarian dan Pertolongan, Jasa Raharja serta Satuan Polisi Pamong Praja.

“Kita bersatu padu menjaga Papua Barat, sejauh ini belum ada laporan gangguan keamanan. Kamtibmas di seluruh wilayah relatif kondusif,” kata Kapolda.

Rodja bersyukur peristiwa kecelakaan lalu lintas di wilayah Papua Barat cenderung mengalami penurunan. Sejak operasi Ketupat Mansinam dimulai pada 7 Juni 2018, baru satu kasus kecelakaan meninggal.

Ia berharap, arus lintas di selama masa libur lebaran berjalan lancar. Dengan demikian kasus kecelakan berkurang secara signifikan.

“Yang kami antisipasi adalah konsumsi miras, aksi ugal-ugalan pengendara, serta pencopetan. Pos pengamanan ini diharapkan bisa menekan potensi keamanan tersebut,”sebutnya.

Miras, lanjut Rodja, memiliki andil cukup besar terhadap gangguan kamtibmas, termasuk kecelakaan lalu lintas. Sejak jauh hari Polda bersama Kodam serta pemerintah daerah sudah melakukan antisipasi melalui operasi pemberantasan miras.

“Miras bisa memicu kejadian penganiaan hingga pencurian. Miras juga bisa menjadi pemicu kecelakaan lalu lintas, sudah banyak kasus lakalantas akibat miras,” sebutnya lagi.

Mantan Wakapolda Papua ini berharap Papua Barat terus aman hingga Operasi Ketupat Mansinam berakhir.

Berita Lainnya
Bupati Sorong Dukung Caleg Otsus Harus Keterwakilan Masyarakat Adat SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Sejalan dengan jadwal pemilu legislatif, badan kesatuan bangsa Politik dan ...
BPOM Papua Barat Gelar Kampanye Konsumen Cerdas Pilih Kosmetik SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Papua Barat melakukan inspeksi ter...
APBD 2019 Kabupaten Sorong Sebesar Rp1,9 Trilyun SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Sidang paripurna DPRD Kabupaten Sorong secara resmi ditutup oleh Ketua DPRD...
Ratusan Guru di Teluk Wondama belum Bersertifikat WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Ratusan guru di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, belu...
Kemendes dan PDT Kembangkan Agrowisata Kampung Dusner Teluk Wondama WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes dan PDT) akan...
Kanal: Papua Barat