Loading...

Kemendes dan PDT Kembangkan Agrowisata Kampung Dusner Teluk Wondama

WASIOR, TAJUKTIMUR.COM – Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes dan PDT) akan mengembangkan agrowisata di Kampung Dusner di Distrik Kuriwamesa, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pawirisata Teluk Wondama, Frans E.N. Mosmafa di Wasior, Minggu, mengatakan, Dusner telah ditetapkan sebagai daerah pengembangan agrowisata bersama sejumlah kampung di Indonesia.

“Pada 7 Desember lalu, saya bersama perwakilan dari tujuh kabupaten di Indonesia ke Bogor di Hatel Sahira Batik untuk menerima penetapan tersebut dari Kemendes dan PDT,” kata Frans.

Ia menjelaskan, Dusner memiliki tiga air terjun bertingkat. Selain air terjun Kwai, Kampung ini juga memiliki kawasan hutan dapat dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata.

Menurutnya, pengembangan agrowisata memberi ruang bagi masyarakat untuk melakukan berbagai usaha. Hal ini besar manfaatnya bagi pengembangan ekonomi kampung.

“Kami bersyukur, dengan penetapan Dusner sebagai kawasan agrowisata, maka pembiayaan dan pembangunan berbagai infrastruktur untuk mendukung kawasan tersebut menjadi urusan pemerintah pusat melalui Kemendes dan PDT,” kata dia lagi.

Kemendes dan PDT, ujarnya, akan segera membangun sejumlah fasilitas meliputi pondok kerja bagi masyarakat, pedestrian, toilet umum dan pembersihan lahan tanaman serta beberapa urusan lainya.

Ia meyakini, kedepan Dusner akan menjadi akan menjadi salah satu wisata unggulan di daerah tersebut. Keputusan Kemendes dan PDT dinilai tepat karena lokasi kampung ini cukup strategis.

“Dusner mudah dijangkau melalui transportasi laut dari Wasior. Jarak tempuh dari Wasior ke Dusner sekitar 30 sampah 40 menit menggunakan perahu,” ujarnya lagi.

Setelah pembangunan jalan trans Papua Barat ruas Manokwari-Wasior-Nabire selesai, lokasi ini pun bisa dijangkau melalui jalur darat.

“Pembukaan ruas Manokwar-Wasior adalah perintah Bapak Presiden Joko Widodo, tentu ini menjadi perhatian Kementerian PUPR. Sekarang jalan sudah terbuka, tinggal pengaspalan,” sebutnya lagi.

Berita Lainnya
Ratusan Guru di Teluk Wondama belum Bersertifikat WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Ratusan guru di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, belu...
Wabup Indubri: 10,79 Persen APBD Teluk Wondama untuk Pendidikan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat mengalokasikan 10,79 persen...
Kemendag Jamin Harga Bahan Pokok di Papua Barat Terkendali SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Perdagangan menjamin harga serta stok bahan pokok atau bapok di...
Gempa 4,3 SR Guncang Manokwari, Tidak Berpotensi Tsunami MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Wilayah Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Sabtu (8/12) diguncang gempa b...
Relawan Jokowi-Ma’ruf Yakin Raih Kemenangan di Papua Barat SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Relawan Jokowi-Ma’ruf yakin memperoleh kemenangan di Papua Barat pada Pilpr...
Kanal: Papua Barat