Loading...

Masyarakat Desak Penyelesaian Batas Wondama-Mansel

WASIOR, TAJUKTIMUR.COM – Masyarakat Distrik Soug Wepu mendesak Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat secepatnya menyelesaikan persoalan batas wilayah dengan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel).

Warga setempat ingin tapal batas dengan Kabupaten Mansel segera dipastikan agar tidak ada pihak yang saling mengklaim batas wilayah di perbatasan yang bisa menjadi pemicu konflik warga.

Soug Wepu merupakan distrik paling ujung Kabupaten Teluk Wondama yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mansel. wilayah yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih tersebut kayak akan sumber daya kelautan dan perikanan serta cocok untuk pengembangan pariwisata.

“Kami minta Pemda selesaikan masalah tapal batas dengan Mansel yang belum tuntas sampai sekarang ini,” kata Kepala Distrik Soug Wepu Wenan Meskendi, Senin.

Menanggapi itu, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Jack Ayamiseba menuturkan, sedikitnya telah dua kali dilakukan pertemuan membahas tapal batas dengan Pemkab Mansel yang difasilitasi oleh Pemprov Papua Barat.

Pemkab telah mengirim surat bupati kepada gubernur Papua Barat yang berisi hasil pertemuan soal tapal batas kedua kabupaten, namun tindaklanjut belum dilakukan oleh Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat.

“Kami sudah cek surat bupati itu tapi belum diproses Biro Pemerintahan karena ada masalah internal. Jadi kami akan buatkan surat susulan untuk minta Biro Pemerintahan menindaklanjuti arahan gubernur soal tapal batas antara Kabupaten Teluk Wondama-Manokwari Selatan,“ jelas Ayamiseba.

Penentuan tapal batas antara Pemkab Teluk Wondama dengan Kabupaten Mansel selama ini masih terjadi tarik ulur karena kedua belah pihak belum menyepakati titik batas. Pemkab Mansel bersikeras memasukan sebagian wilayah Distrik Soug Wepu kedalam wilayah administrasi mereka.

Sementara Pemkab Wondama bersikukuh menolak karena wilayah Soug Wepu sejak lama sudah menjadi bagian dari Teluk Wondama.

Berita Lainnya
Tiga Puskesmas di Kepulauan Teluk Wondama Siap Beroperasi WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Tiga Puskesmas baru yang dibangun di daerah kepulauan Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat siap beroperasi pada tahun 2019. Tiga pusat keseha...
Keluarga Besar Minta Albert Torey Diabadikan sebagai Nama Jalan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Keluarga besar mantan bupati Teluk Wondama, Papua Barat mengusulkan nama Alberth Torey diabadikan sebagai nama jalan di kota Wasior. Perminta...
Pemprov Papua Barat Tingkatkan Produksi Sayur Petani Lokal SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua Barat terus berupaya meningkatkan produksi sayuran petani lokal agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. K...
BPBD: Gedung di Papua Barat Minim Jalur Rvakuasi MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat mengungkapkan Pengelola hotel, rumah makan serta gedung-gedung besar di wilaya...
Pemkab Teluk Bintuni Kembangkan Sekolah Model MANOKWARI, TAJUKTIKUR.COM - British Petroleum Indonesia mengembangkan sekolah model di Kabupaten Teluk Bintuni untuk mendukung pendidikan serta mengangkat potensi fashion...
Kanal: Papua Barat