Loading...

Masyarakat Desak Penyelesaian Batas Wondama-Mansel

WASIOR, TAJUKTIMUR.COM – Masyarakat Distrik Soug Wepu mendesak Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat secepatnya menyelesaikan persoalan batas wilayah dengan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel).

Warga setempat ingin tapal batas dengan Kabupaten Mansel segera dipastikan agar tidak ada pihak yang saling mengklaim batas wilayah di perbatasan yang bisa menjadi pemicu konflik warga.

Soug Wepu merupakan distrik paling ujung Kabupaten Teluk Wondama yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mansel. wilayah yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih tersebut kayak akan sumber daya kelautan dan perikanan serta cocok untuk pengembangan pariwisata.

“Kami minta Pemda selesaikan masalah tapal batas dengan Mansel yang belum tuntas sampai sekarang ini,” kata Kepala Distrik Soug Wepu Wenan Meskendi, Senin.

Menanggapi itu, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Jack Ayamiseba menuturkan, sedikitnya telah dua kali dilakukan pertemuan membahas tapal batas dengan Pemkab Mansel yang difasilitasi oleh Pemprov Papua Barat.

Pemkab telah mengirim surat bupati kepada gubernur Papua Barat yang berisi hasil pertemuan soal tapal batas kedua kabupaten, namun tindaklanjut belum dilakukan oleh Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat.

“Kami sudah cek surat bupati itu tapi belum diproses Biro Pemerintahan karena ada masalah internal. Jadi kami akan buatkan surat susulan untuk minta Biro Pemerintahan menindaklanjuti arahan gubernur soal tapal batas antara Kabupaten Teluk Wondama-Manokwari Selatan,“ jelas Ayamiseba.

Penentuan tapal batas antara Pemkab Teluk Wondama dengan Kabupaten Mansel selama ini masih terjadi tarik ulur karena kedua belah pihak belum menyepakati titik batas. Pemkab Mansel bersikeras memasukan sebagian wilayah Distrik Soug Wepu kedalam wilayah administrasi mereka.

Sementara Pemkab Wondama bersikukuh menolak karena wilayah Soug Wepu sejak lama sudah menjadi bagian dari Teluk Wondama.

Berita Lainnya
BPBD: Alat Pendeteksi Tsunami di Kabupaten Raja Ampat Rusak WAISAI, TAJUKTIMUR.COM - Alat pendeteksi tsunami yang dipasang oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat ...
Sinergi Muhammadiyah Lahirkan Transformasi di Sorong SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Muhammadiyah terus melebarkan sayap-sayap berkemajuan. Masyarakat di daerah...
Warga Muhammadiyah Diminta tak Berlebihan Dukung Capres SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir mengingatkan warga Muhammadiyah...
BPS: Transportasi udara sumbang inflasi tertinggi Manokwari MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Kenaikan harga tiket transportasi udara menjadi penyumbang inflasi terti...
Ini Harga Terbaru BBM Non Subsidi di Papua Barat dan Papua SORONG, TAJUKTIMUR.COM - PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga BBM Non Subsidi seiring ...
Kanal: Papua Barat