Loading...

Pelajar Diharapkan Jadi Pelopor Keselamatan Berkendara di Raja Ampat

WAISAI, TAJUKTIMUR.COM – Pelajar SMA dan SMK di wilayah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, diminta menjadi pelopor keselamatan berkendara bagi masyarakat di daerah tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat, Kombes Pol Indra Darmawan, pada Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas di SMA Negeri 1 Raja Ampat, Kamis, mengatakan,situasi ketertiban dalam berlalu lintas merupakan salah satu wajah kota.

“Situasi lalu lintas yang tertib, masyarakat atau pengendara yang saling menghormati antara satu dengan yang lain dan mengedepankan keselamatan akan menimbulkan kesan positif bagi setiap tamu yang pernah datang ke Raja Ampat,” kata Indra.

Ia menyebutkan, Raja Ampat saat ini sudah menjadi tujuan wisata terfavorit bagi wisatawan baik di dalam maupun luar negeri. Para pelajar harus mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan kondisi daerah yang kondusif.

“Jangan suka berkendara secara ugal-ugalan, apalagi menggunakan motor dengan knalpot racing, tidak menggunakan helm. Itu berbahaya bukan saja untuk mereka para pelajar tapi juga bagi para pengunjung saat melintas di jalan raya,” kata Indra lagi.

Menurutnya, belajar memiliki peran penting dalam menjaga wajah kota terutama di jalan raya. Diharapkan, pelajar di Raja Ampat memahami bahwa daerah tersebut merupakan tujuan pariwisata yang harus dijaga dari sisi keamanan dan kenyamanan lalu lintas.

Sikap tertib dalam berkendara, lanjut Indra, harus menjadi budaya dan tertanam sejak masa SMA.

“Ini adalah salah satu bentuk kontribusi yang dapat dilakukan pelajar dan pemuda untuk mendukung pengelolaan dan pengembangan pariwisata Raja Ampat. Cukup sederhana, tapi dampak positifnya sangat besar,” katanya.

Ia juga berharap, pelajar di Raja Ampat tidak membentuk geng-geng motor yang melakukan aksi kriminal atau kejahatan di jalan raya. Selain menimbulkan keresahan bagi masyarakat, hal itu dinilai dapat melahirkan citra negatif bagi daerah.

“Silahkan kalau mau membentuk club motor tapi kegiatanya harus positif, taati peraturan lalu lintas dan tidak membuat onar. Kalau seperti ini kami kepolisian siap jadi mitra untuk menciptakan Raja Ampat yang aman, nyaman dan kondusif agar wisatawan betah saat berkunjung ke sini,” katanya.

Berita Lainnya
Penumpang KM Ciremai Lompat ke Laut SORONG, TAJUKTIMUR.COM - KM Ciremai dari Manokwari hendak sandar di pelabuhan Kota Sorong, Papua, Sa...
Oke Jack Segera Beroperasi di Manokwari MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Oke Jack akan segera beroperasi di Manokwari, Papua Barat dan pekan depa...
Kemenpan-RB: PNS korup harus diberhentikan tidak hormat MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen...
KKP Gelar FGD Rencana Kawasan Strategis Nasional Raja Ampat WAISAI, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Kelautan Perikanan Republik Indonesia bersama pemerintah kabupa...
KPU Wondama kekurangan bilik dan kotak suara WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, masih men...
Kanal: Papua Barat