Loading...

Pemkab Teluk Wondama ingin Kelola sendiri Pelabuhan ASDP Wondiboi

WASIOR, TAJUKTIMUR.COM — Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, berencana mengelola sendiri pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) yang dibangun pemerintah pusat di kampung Kabou, Distrik Wondiboi.

Pelabuhan ferry ini dibangun sejak 2016 dengan sistem multiyears selama 3 tahun. Tahun ini merupakan tahap terakhir pekerjaan konstruksi berupa pembangunab terminal penumpang.

Pemerintah menargetkan pada tahun 2019 dermaga penyeberangan pertama di Wondama itu sudah bisa dioperasikan.

Kepala Dinas Perhubungan Bernadus Setiawan mengatakan, keberadaan pelabuhan tersebut dapat menjadi sumber pendapatan daerah dari sektor perhubungan.

Ia menyebutkan, kesiapan daerah sangat dibutuhkan agar pemerintah pusat memberi kepercayaan atas pengelolaan Pelabuhan ini.
“Nanti Pemda jadikan UPTD atau unit pelaksana teknis dinas. Jadi nanti di bawah Dinas Perhubungan, kita yang kelola. Kalau kita sanggup kelola tapi kalau kita tidak sanggup, kita harus menyerahkan kembali ke pusat, “ kata dia.

Wakil Bupati Teluk Wondama, Paulus Indubri menyatakan keberadaan dermaga ferry tersebut akan mendatangkan manfaat besar bagi masyarakat Wondama. Selain mempermudah akses transportasi antar kabupaten, masyarakat juga akan merasakan dampak ekonomi seperti terbukanya peluang usaha serta lapangan kerja.

Menurut dia, perlu segera dipersiapkan sumber daya manusia agar bisa mengelola pelabuhan itu. Indubri ingin putra-putri lokal Wondama yang tampil menjadi pemegang kendali pengelolaan.

“Pertanyaannya kita punya tenaga teknis kah tidak. Kita tidak punya tenaga teknis untuk kelola. Makanya kita cari cara agar anak-anak di sekitar tempat itu kita kasih sekolah untuk jadi petugas di situ. Kalau dikelola pusat berarti kita jadi penonton terus, “ ucap Indubri.

Berita Lainnya
Mendikbud Canangkan Progas di Kabupaten Sorong SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan program Gizi Anak Sekolah (Progras) dengan sasaran siswa Sekolah dasa...
Kemen-PUPR Rehabilitasi 500 Rumah Warga Teluk Wondama WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyalurkan program rehabilitasi rumah sebanyak 500 unit bagi warga berpenghasilan rendah di Kabu...
Ustaz Abdul Somad Pukau Ribuan Warga Raja Ampat WAISAI, TAJUKTIMUR.COM - Safari dakwah Ustaz Abdul Somad (UAS) mendapat respons umat Muslim di Kepulauan Raja Ampat, Sabtu siang. “Di tengah terik mata hari tak menyur...
Pemprov Papua Barat Evaluasi Kehadiran ASN MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua Barat akan mengevaluasi kehadiran pegawai untuk menertibkan pembayaran tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP)....
ICBE 2018 akan Berlangsung di Manokwari MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua Barat menargetkan kehadiran 750 tamu dari warga negara asing pada International Conferencecam on Biodiversity Ecotou...
Kanal: Papua Barat