Loading...

Pemkab Teluk Wondama Membuka Dua Kawasan Transmigrasi Baru

WASIOR, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, akan membuka dua kawasan transmigrasi baru untuk memacu pemerataan dan pertumbuhan ekonomi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Teluk Wondama, I Wayan Redana di Wasior, Rabu, mengatakan, kawasan transmigrasi ini akan dibuka di wilayah Kampung Werianggi dan Werabur Distrik Nikiwar.

Ia menyebutkan, pembukaan pemukiman transmigrasi Werianggi, sudah mendapat respon positif dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Pemkab Teluk Wondama masih menunggu rekomendasi Gubernur Papua Barat untuk penetapan kawasan transmigrasi. Tanpa itu, bukan daerah transmigrasi ini tidak bisa dilakukan,” kata Wayan.

Rekomendasi Gubernur, katanya menjelaskan, menjadi dasar bagi Menteri Desa PDT dan Transmigrasi untuk menerbitkan surat keputusan penetapan kawasan transmigrasi.

Ia mengutarakan, pembukaan kawasan baru tersebut merupakan pengembangan dari satuan pemukiman transmigrasi satu (SP-1) yang sudah ada di Werianggi.

“Pada tahun 2017 lalu sudah dilakukan survei tata ruang SP-2. Daya tampungnya adalah 220 KK. Syarat administrasi yang harus dipenuhi tinggal rekomendasi gubernur,” ujar Wayan.

Setelah nanti SP-2 dibuka, lanjutnya, pada 2019 Pemkab akan mengajukan permohonan untuk pembukaan SP-3 di wilayah Werabur.

“Kami akan ajukan lagi di 2019 karena Werabur sudah terlepas dari kawasan konservasi. Di dalam peta itu sudah putih jadi sudah masuk lahan APL (areal untuk penggunaan lain),” lanjut Wayan.

Koordinator lembaga masyarakat adat Distrik Nikiwar Alfons Torembi pada kesempatan terpisah menyatakan masyarakat adat setempat telah melepaskan lahan untuk pembukaan pemukiman transmigrasi SP-2 dan SP-3.

“Lokasi di SP-3 itu tidak ada masalah. Kami pemilik lahan siap menerima transmigrasi tapi kami minta transmigrasi nasional. Jadi kami siap menanti lahan itu dibuka,”ujar Torembi.

Berita Lainnya
Gubernur Papua Barat Serahkan Bantuan Perlengkapan Usaha Perdagangan SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Pembangunan perekonomian bagi masyarakat di Provinsi Papua Barat harus dila...
29 Kampung di Teluk Wondama Segera Nikmati Penerangan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 29 Kampung di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, segera menikma...
Titik BBM Satu Harga Misool Resmi Beroperasi di Raja Ampat RAJA AMPAT, TAJUKTIMUR.COM - Pertamina bersama dengan Dewan Energi Nasional (DEN) dan Ditjen Migas ...
Pemkab Sorong Komitmen Beri Pelayanan Kesehatan SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Kesehatan bagi masyarakat menjadi komitmen dasar dalam memenuhi kebutuhan p...
Rakernas MUI di Raja Ampat akan Dibuka Jokowi MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Raker...
Kanal: Papua Barat