Loading...

Pemkab Wondama Terapkan Aplikasi Elektronik Kenaikan Pangkat

WASIOR, TAJUKTIMUR.COM —- Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, mulai menerapkan aplikasi elektronik dalam pengurusan kenaikan pangkat pegawai.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Teluk Wondama, Ujang Waprak di Wasior, Senin, mengatakan, aplikasi yang dikenal sistem informasi kenaikan pangkat berbasis aplikasi (Simkapaba) ini sudah diluncurkan pada 21 Juni 2018.

Ujang menjelaskan, Simkapaba merupakan terobosan inovatif yang dilakukan BKD untuk mempermudah PNS Pemkab Wondama dalam pengusulan kenaikan pangkat.

Menurutnya, aplikasi ini merupakan solusi untuk menjawab kendala yang selama ini dialami PNS Wondama dalam mengurus kenaikan pangkat. Banyak PNS tertunda kenaikan pangkatnya lantaran lupa atau tidak tahu kapan dia harus naik pangkat.

Melalui aplikasi ini, kata dia, para PNS tidak perlu khawatir kenaikan pangkatnya tertunda. Sebab aplikasi tersebut secara otomatis akan memberikan informasi kapan seorang PNS akan naik pangkat.

Aplikasi ini, lanjutnya, juga memberikan informasi tentang pangkat terakhir setiap pejabat Pemkab Wondama sehingga mempermudah mereka dalam pengusulan kenaikan pangkat maupun urusan administrasi kepegawaian lainnya.

“Keuntungannya di sini adalah kita bisa memasukan lewat handphone saja dengan hanya meng-upload SKP (sasaran kinerja pegawai). Tidak perlu bawa berkas banyak-banyak ke BKD, “ terang Ujang.

BKD menargetkan mulai Januari 2019 seluruh PNS Pemkab Wondama sudah terkoneksi dengan Simkapaba.

“Kita harapkan mulai Januari tahun depan semua PNS di Wondama sudah tahu dan tidak lagi mengalami kesulitan dalam mengusulkan kenaikan pangkat, “ ujarnya lagi.

Sekretaris Daerah Teluk Wondama Denny Simbar pada wawancara terpisah menyebutkan, Simkapaba sebagai langkah maju yang positif dalam rangka peningkatan pelayanan administrasi kepegawaian.

Denny berharap, ke depan semua aplikasi yang berkaitan dengan pelayanan kepegawaian dibuat secara terpadu dan dipusatkan di Dinas Komunikasi dan Informasi. (

Berita Lainnya
Bawaslu Kota Sorong Sosialisasi Pengawasan Pemilu SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Bawaslu Kota Sorong, Provinsi Papua Barat menggelar kegiatan sosialisasi pe...
Gubernur Dominggus: 86 Persen wilayah Papua Barat terang MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyatakan saat ini 86 persen w...
Ribuan Warga Papua Barat Deklarasikan Keselamatan Berkendara SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 30 ribu kaum milenial menghadiri Millennial Road Safety Festival d...
Warga Wasior di Teluk Wondama Khawatir Banjir Susulan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Warga Wasior Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat masih khawatir dan mewasp...
Banjir di Wasior, Ratusan Warga Bertahan Di Pengungsian WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Ratusan warga korban banjir dari Kampung Rado, Distrik Wasior, Kabupaten Te...
Kanal: Papua Barat