Loading...

Pemprov Papua Barat dorong Pengembangan Pangan Lokal

MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM — Pemerintah Provinsi Papua Barat sedang mendorong pemanfaatan dan peningkatan produksi komoditas pangan lokal untuk menjaga ketahanan daerah menghadapi laju konsumsi masyarakat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat Hippolytus TAA di Manokwari, Kamis, mengatakan, produksi pangan dari sektor pertanian di Papua Barat belum bisa mencukupi kebutuhan daerah. Terbukti sejumlah komuditas yang didatangkan dari luar.

“Dari peternakan juga sama, yang sedikit nampak adalah sektor perkebunan seperti sawit, pala dan sagu yang selama ini sudah bisa mengirim keluar,”kata dia.

Jumlah produksi tanaman pangan di seluruh wilayah Papua Barat masih sangat rendah sehingga ketergantungan daerah tersebut dengan daerah lain masih cukup tinggi.

Hippolytus mengajak Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan provinsi dan kabupaten bertanggungjawab penuh dalam meningkatkan produksi pangan di wilayah masing-masing.

“Dinas Ketahanan Pangan hanya penyedia data namun sekarang sedang mendorong pemantaan potensi pangan lokal. Potensi kita besar dari sagu, umbi-umbian, pisang, sukun dan komoditas unggulan lainya, ini belum dioptimalkan,”sebutnya.

Selain potensi sumber daya alam, masyarakat lokal di seluruh daerah Papua Barat pun sudah memiliki ketrampilan cukup dalam mengelola lahan mereka.

“Tinggal perlu sentuhan teknologi dan pola modern bagi mereka agar mampu memproduksi lebih banyak sekaligus mampu menciptakan hasil pangan olahan yang lebih beraneka ragam,” kata dia.

Produksi pangan lokal, menurut dia, memiliki beberapa kelebihan. Selain memiliki kandungan gizi cukup komoditas pangan lokal yang diolah secara alami lebih terjamin dari sisi kesehatan.

Ia mengajak masyarakat tetap mempertahankan makanan lokal agar potensi sumber daya alam di daerah tersebut dimanfaatkan secara baik.

“Bukan hanya itu, kita tentu menginginkan masyarakat lebih sejahtera melalui pemanfaatan potensi ini,”pungkasnya.

Berita Lainnya
Ustaz Abdul Somad Pukau Ribuan Warga Raja Ampat WAISAI, TAJUKTIMUR.COM - Safari dakwah Ustaz Abdul Somad (UAS) mendapat respons umat Muslim di Kepulauan Raja Ampat, Sabtu siang. “Di tengah terik ...
Pemprov Papua Barat Evaluasi Kehadiran ASN MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua Barat akan mengevaluasi kehadiran pegawai untuk menertibkan pembayaran tunjangan Tambahan Pengha...
ICBE 2018 akan Berlangsung di Manokwari MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua Barat menargetkan kehadiran 750 tamu dari warga negara asing pada International Conferencecam on...
Sebanyak 221 Caleg Berebut 20 Kursi DPRD Teluk Wondama WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat resmi menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD setempat un...
Tim SAR Manokwari Ikuti Jambore Nasional Cibubur MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Tim Search and Rescue (SAR) Manokwari, Papua Barat, akan mengikuti Jambore SAR Nasional 2018 di Cibubur, Jakarta Timur. ...
Kanal: Papua Barat