Loading...

Pemprov Papua Barat Tingkatkan Produksi Sayur Petani Lokal

SORONG, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Provinsi Papua Barat terus berupaya meningkatkan produksi sayuran petani lokal agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Papua Barat Jacob Fonataba mengatakan kebutuhan sayur di Provinsi Papua Barat terutama daerah yang padat seperti Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong cukup tinggi.

“Produksi sayur petani lokal belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Papua Barat. Sebagian besarnya sayur yang dikonsumsi masyarakat Papua Barat terutama Sorong dan Manokwari tercatat didatangkan dari luar daerah agar dapat memenuhi kebutuhan,” katanya.

Menurut Jacob, lahan pertanian di Provinsi Papua Barat sangat luas sehingga pemerintah daerah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait di bidang pertanian untuk meningkatkan produksi sayur petani lokal.

“Upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi sayuran petani lokal Provinsi Papua Barat melalui bantuan sarana prasarana seperti pembibitan, irigasi, pupuk dan tenaga pendamping,” paparnya.

Bantuan tersebut tentunya diberikan secara berjenjang sesuai dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki pemerintah baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat.

Mengingat keterbatasan anggaran sehingga bantuan akan lebih diprioritaskan pada daerah yang telah berkembang produksi pertanian terutama produksi sayuran seperti Pegunungan Arfak, Manokwari, dan Sorong.

“Tidak hanya daerah tersebut tetapi daerah-daerah yang berpotensi dalam pengembangan pertanian sayuran akan diberikan bantuan pulau sehingga produksi komuditi sayuran semakin meningkat dan memenuhi kebutuhan masyarakat Papua Barat,” tutupnya.

Berita Lainnya
Tiga Puskesmas di Kepulauan Teluk Wondama Siap Beroperasi WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Tiga Puskesmas baru yang dibangun di daerah kepulauan Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat siap beroperasi pada tahun 2019. Tiga pusat keseha...
Keluarga Besar Minta Albert Torey Diabadikan sebagai Nama Jalan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Keluarga besar mantan bupati Teluk Wondama, Papua Barat mengusulkan nama Alberth Torey diabadikan sebagai nama jalan di kota Wasior. Perminta...
BPBD: Gedung di Papua Barat Minim Jalur Rvakuasi MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat mengungkapkan Pengelola hotel, rumah makan serta gedung-gedung besar di wilaya...
Pemkab Teluk Bintuni Kembangkan Sekolah Model MANOKWARI, TAJUKTIKUR.COM - British Petroleum Indonesia mengembangkan sekolah model di Kabupaten Teluk Bintuni untuk mendukung pendidikan serta mengangkat potensi fashion...
Papua dan Papua Barat Satukan Visi Pembangunan MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat bersepakat menyatukan visi pembangunan yakni mewujudkan Tanah Papua Damai, Berkelanjutan, Lestari, d...
Kanal: Papua Barat