Loading...

Pemprov Papua Barat Tingkatkan Produksi Sayur Petani Lokal

SORONG, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Provinsi Papua Barat terus berupaya meningkatkan produksi sayuran petani lokal agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Papua Barat Jacob Fonataba mengatakan kebutuhan sayur di Provinsi Papua Barat terutama daerah yang padat seperti Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong cukup tinggi.

“Produksi sayur petani lokal belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Papua Barat. Sebagian besarnya sayur yang dikonsumsi masyarakat Papua Barat terutama Sorong dan Manokwari tercatat didatangkan dari luar daerah agar dapat memenuhi kebutuhan,” katanya.

Menurut Jacob, lahan pertanian di Provinsi Papua Barat sangat luas sehingga pemerintah daerah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait di bidang pertanian untuk meningkatkan produksi sayur petani lokal.

“Upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi sayuran petani lokal Provinsi Papua Barat melalui bantuan sarana prasarana seperti pembibitan, irigasi, pupuk dan tenaga pendamping,” paparnya.

Bantuan tersebut tentunya diberikan secara berjenjang sesuai dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki pemerintah baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat.

Mengingat keterbatasan anggaran sehingga bantuan akan lebih diprioritaskan pada daerah yang telah berkembang produksi pertanian terutama produksi sayuran seperti Pegunungan Arfak, Manokwari, dan Sorong.

“Tidak hanya daerah tersebut tetapi daerah-daerah yang berpotensi dalam pengembangan pertanian sayuran akan diberikan bantuan pulau sehingga produksi komuditi sayuran semakin meningkat dan memenuhi kebutuhan masyarakat Papua Barat,” tutupnya.

Berita Lainnya
Penumpang KM Ciremai Lompat ke Laut SORONG, TAJUKTIMUR.COM - KM Ciremai dari Manokwari hendak sandar di pelabuhan Kota Sorong, Papua, Sa...
Oke Jack Segera Beroperasi di Manokwari MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Oke Jack akan segera beroperasi di Manokwari, Papua Barat dan pekan depa...
Kemenpan-RB: PNS korup harus diberhentikan tidak hormat MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen...
KKP Gelar FGD Rencana Kawasan Strategis Nasional Raja Ampat WAISAI, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Kelautan Perikanan Republik Indonesia bersama pemerintah kabupa...
KPU Wondama kekurangan bilik dan kotak suara WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, masih men...
Kanal: Papua Barat