Loading...

Sorong Diguncang Gempa Tiga Kali, Ini Penjelasan BMKG

SORONG, TAJUKTIMUR.COM — Tiga kali gempa bumi mengguncang Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Jumat (11/5/2018) yang berawal pukul 16. 41 WIT berkekuatan 1,9 skala richter dengan kedalaman 10 Km.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sorong, Andri W Bidang mengatakan, pusat gempa bumi tersebut 28 Km Barat Laut Kota Sorong, tidak menimbulkan kerusakan fisik.

Ia menjelaskan, gempa pertama terletak pada koordinat 0.82 lintang selatan dan 131.01 bujur timur tidak berpotensi tsunami.

Gempa kedua terjadi pukul 18.41 WIT berkekuatan 2,6 skala richter yang berlokasi 85 km barat daya Kota Sorong. Terletak pada koordinat 1.27 lintang selatan dan 130.61 bujur timur dengan kedalaman 10 Km.

Ia mengatakan, gempa susulan terjadi pukul 20.58 WIT berkekuatan 2,9 skala richter yang berlokasi 35 Km timur laut Kota Sorong. Terletak pada koordinat 0.67 lintang selatan dan 131.5 bujur Timur Kota Sorong dengan kedalaman 10 Km,” ujar dia.

Getaran gempa dirasakan warga wilayah Kota Sorong. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Menurut dia, ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

“Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena di darat dan kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” ungkap dia.

Berita Lainnya
Sektor Pariwisata Teluk Wondama Butuh Promosi WASIOR, TAJUKTIMUR -- Potensi pariwisata di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, membutuhkan promosi agar dikenal secara luas masyarakat di dalam dan...
BBKSDA Papua Barat Perketat Pengawasan Tumbuhan dan Satwa Liar MANOKWARI, TAJURKTIMUR.COM -- Balai Besar Kekayaan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Papua Barat menggandeng Conservation International Indonesia untu...
DPR Persoalkan Pembangunan Jembatan Kali Kabouw Wondama WASIOR, TAJUKTIMUR.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat kembali mempersoalkan proyek pembangunan jembatan Kali K...
DPRD Teluk Wondama Minta Bupati Rombak Personalia Dinas Pendidikan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM -- DPRD Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat mendesak Bupati Bernadus Imburi merombak personalia pada Dinas Pendidikan Pemuda d...
Pemerintah Prioritaskan Program Pembangunan Papua dan Papua Barat Tahun Depan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menegaskan bahwa pemerintah telah mencanangkan lima prioritas nasional ya...
Kanal: Papua Barat