Loading...

Sorong Diguncang Gempa Tiga Kali, Ini Penjelasan BMKG

SORONG, TAJUKTIMUR.COM — Tiga kali gempa bumi mengguncang Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Jumat (11/5/2018) yang berawal pukul 16. 41 WIT berkekuatan 1,9 skala richter dengan kedalaman 10 Km.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sorong, Andri W Bidang mengatakan, pusat gempa bumi tersebut 28 Km Barat Laut Kota Sorong, tidak menimbulkan kerusakan fisik.

Ia menjelaskan, gempa pertama terletak pada koordinat 0.82 lintang selatan dan 131.01 bujur timur tidak berpotensi tsunami.

Gempa kedua terjadi pukul 18.41 WIT berkekuatan 2,6 skala richter yang berlokasi 85 km barat daya Kota Sorong. Terletak pada koordinat 1.27 lintang selatan dan 130.61 bujur timur dengan kedalaman 10 Km.

Ia mengatakan, gempa susulan terjadi pukul 20.58 WIT berkekuatan 2,9 skala richter yang berlokasi 35 Km timur laut Kota Sorong. Terletak pada koordinat 0.67 lintang selatan dan 131.5 bujur Timur Kota Sorong dengan kedalaman 10 Km,” ujar dia.

Getaran gempa dirasakan warga wilayah Kota Sorong. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Menurut dia, ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

“Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena di darat dan kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” ungkap dia.

Berita Lainnya
Gubernur Papua Barat Serahkan Bantuan Perlengkapan Usaha Perdagangan SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Pembangunan perekonomian bagi masyarakat di Provinsi Papua Barat harus dila...
29 Kampung di Teluk Wondama Segera Nikmati Penerangan WASIOR, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 29 Kampung di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, segera menikma...
Titik BBM Satu Harga Misool Resmi Beroperasi di Raja Ampat RAJA AMPAT, TAJUKTIMUR.COM - Pertamina bersama dengan Dewan Energi Nasional (DEN) dan Ditjen Migas ...
Pemkab Sorong Komitmen Beri Pelayanan Kesehatan SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Kesehatan bagi masyarakat menjadi komitmen dasar dalam memenuhi kebutuhan p...
Rakernas MUI di Raja Ampat akan Dibuka Jokowi MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Raker...
Kanal: Papua Barat