Loading...

Sorong Diguncang Gempa Tiga Kali, Ini Penjelasan BMKG

SORONG, TAJUKTIMUR.COM — Tiga kali gempa bumi mengguncang Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Jumat (11/5/2018) yang berawal pukul 16. 41 WIT berkekuatan 1,9 skala richter dengan kedalaman 10 Km.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Sorong, Andri W Bidang mengatakan, pusat gempa bumi tersebut 28 Km Barat Laut Kota Sorong, tidak menimbulkan kerusakan fisik.

Ia menjelaskan, gempa pertama terletak pada koordinat 0.82 lintang selatan dan 131.01 bujur timur tidak berpotensi tsunami.

Gempa kedua terjadi pukul 18.41 WIT berkekuatan 2,6 skala richter yang berlokasi 85 km barat daya Kota Sorong. Terletak pada koordinat 1.27 lintang selatan dan 130.61 bujur timur dengan kedalaman 10 Km.

Ia mengatakan, gempa susulan terjadi pukul 20.58 WIT berkekuatan 2,9 skala richter yang berlokasi 35 Km timur laut Kota Sorong. Terletak pada koordinat 0.67 lintang selatan dan 131.5 bujur Timur Kota Sorong dengan kedalaman 10 Km,” ujar dia.

Getaran gempa dirasakan warga wilayah Kota Sorong. Warga yang berada di gedung bertingkat sangat merasakan efek dari gempa tersebut.

Menurut dia, ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

“Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena di darat dan kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” ungkap dia.

Berita Lainnya
Hingga hari Ketujuh, Tim Sar Masih Lakukan Pencarian Wisatawan Batam MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Tim Search And Rescue (SAR) akan terus melakukan pencarian terhadap Kiatwansyah, wisatawan asal Batam yang hilang di perai...
KPU Papua Barat: Daftar Sementara Caleg ada 600 Orang MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua Barat menetapkan 600 orang dalam daftar calon sementara (DCS) yang maju memperebutkan...
12 Penyelam Dikerahkan Cari Wisatawan Batam di Manokwari MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 penyelam dikerahkan untuk mencari wisatawan asal Batam, Kepulauan Riau yang hilang saat menyelaman di perairan...
Penyelam asal Batam Dilaporkan Hilang di Pulau Mansinam NANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM - Seorang penyelam dari Batam, Kepulauan Riau dilaporkan hilang saat melakukan penyelaman di perairan Pulau Mansinam Manokwa...
KPU Sorong: 7.024 Penduduk Belum Memiliki E-KTP SORONG, TAJUKTIMUR.COM - Ribuan penduduk Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya saat Pemilihan Um...
Kanal: Papua Barat