Loading...

8.011 Personil Polri dan TNI Diterjunkan Amankan Pemilu 2019 di Papua

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM – Sebanyak 8.011 personil Polri dan TNI yang diterjunkan untuk mengamankan pemilihan legislative dan presiden pada 2019 mendatang di Papua.

“8.011 personil untuk pengamanan Pileg dan Pilpres ini terdiri dari 5.011 personil kepolisian dan 3.000 personil dari pihak TNI. Pengamanan, lanjutnya, berlangsung sejak tahapan kempanye hingga pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum,” Jelas Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal di Jayapura, Rabu (26/9/2018).

Ia menuturkan, tingkat kerawanan konflik antara simpatisan yang tinggi di Papua bukankah pada pelaksanaan Pilpres namun Pileg.

“Kami akan berupaya mencegah konflik dalam Pemilu, sebab potensinya tinggi pada pemilihan legislatif. Semoga Pemilu 2019 bisa berlangsung aman seperti Pilkada serentak sebelumnya,” harapnya.

Selain konflik pada Pileg, kata Kamal, pihaknya juga akan mengantisipasi potensi gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

“Dari pemetaan, daerah yang rawan gangguan KKB berada di kawasan pegunungan tengah Papua. Daerah ini juga rawan terlambat dalam pelaksanaan pemilu karena gangguan faktor cuaca,” tuturnya.

Ia menambahkan, tim cyber crime di Polda Papua dan seluruh Polres telah diinstruksikan untuk memantau lalu lintas informasi di media sosial. Tujuannya untuk mencegah penyebaran berita bohong atau hoaks untuk memicu konflik dalam pemilu.

“Warga yang terbukti menyebarkan ujaran kebencian dan kampanye hitam untuk memicu konflik akan dikenakan sanksi pidana penjara selama lima tahun,” tegasnya.

Berita Lainnya
BMKG: Waspada gelombang tinggi di Papua-Papua Barat JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jay...
Relawan Pro-Jokowi Papua gelar nonton bareng Debat Capres JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Puluhan relawan Projo (Pro-Jokowi) Papua menggelar acara nonton bareng (n...
Ketua KPU Asmat Lantik 34 Relawan Demokrasi ASMAT, TAJUKTIMUR.COM - Ketua KPU Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Veronikus Asse melantik 34 relawa...
‘The Power of Emak-Emak’ di Timika deklarasi dukung Prabowo-Sandi TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - "The power of emak-emak" menggelar deklarasi mendukung pasangan calon presi...
Dinkes Papua minta Pemerintah kabupaten/kota Serius Layani Pasien DBD JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Papua meminta kepada pemerintah kabupate...
Kanal: Papua