Loading...

8.011 Personil Polri dan TNI Diterjunkan Amankan Pemilu 2019 di Papua

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM – Sebanyak 8.011 personil Polri dan TNI yang diterjunkan untuk mengamankan pemilihan legislative dan presiden pada 2019 mendatang di Papua.

“8.011 personil untuk pengamanan Pileg dan Pilpres ini terdiri dari 5.011 personil kepolisian dan 3.000 personil dari pihak TNI. Pengamanan, lanjutnya, berlangsung sejak tahapan kempanye hingga pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum,” Jelas Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal di Jayapura, Rabu (26/9/2018).

Ia menuturkan, tingkat kerawanan konflik antara simpatisan yang tinggi di Papua bukankah pada pelaksanaan Pilpres namun Pileg.

“Kami akan berupaya mencegah konflik dalam Pemilu, sebab potensinya tinggi pada pemilihan legislatif. Semoga Pemilu 2019 bisa berlangsung aman seperti Pilkada serentak sebelumnya,” harapnya.

Selain konflik pada Pileg, kata Kamal, pihaknya juga akan mengantisipasi potensi gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

“Dari pemetaan, daerah yang rawan gangguan KKB berada di kawasan pegunungan tengah Papua. Daerah ini juga rawan terlambat dalam pelaksanaan pemilu karena gangguan faktor cuaca,” tuturnya.

Ia menambahkan, tim cyber crime di Polda Papua dan seluruh Polres telah diinstruksikan untuk memantau lalu lintas informasi di media sosial. Tujuannya untuk mencegah penyebaran berita bohong atau hoaks untuk memicu konflik dalam pemilu.

“Warga yang terbukti menyebarkan ujaran kebencian dan kampanye hitam untuk memicu konflik akan dikenakan sanksi pidana penjara selama lima tahun,” tegasnya.

Berita Lainnya
Enam Provinsi Bertemu dalam Rakor Fordasi di Jayapura JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Enam provinsi yang memiliki kekhususan bertemu dan berbicara dalam Rapat ...
DJPb Papua: Penyerapan Fisik DAK 2018 Capai 95 Persen JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provins...
REI Papua Siap Bangun Hunian Atlet JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pengurus Real Estate Indonesia (REI) Papua menyatakan diri siap membangun...
Jayawijaya Sebagai Penyangga Ketahanan Ikan Air Tawar WAMENA, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Papua menetapkan Kabupaten Jayawijaya menjadi satu daer...
Sekda: Jayawijaya dapat Dana Otsus Rp17 Miliar Setiap Tahun WAMENA, TAJUKTIMUR.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Jayawijaya Yohanis Walilo mengatakan Pemerintah K...
Kanal: Papua