Loading...

Bawaslu Papua: Pendukung Paslon Jangan Anarkis

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua mengimbau para pendukung pasangan calon (paslon) peserta pilkada tidak anarkis saat mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Iya, sebaiknya bakal calon kepala daerah melaporkan berapa jumlah massa yang ikut mendampingi saat mendaftar ke KPU, agar hal ini bisa diantisipasi oleh aparat keamanan,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Papua Fegie Y Wattimena, di Kota Jayapura, Rabu.

Menurut dia, dengan menginformasikan jumlah massa yang ikut mendampingi saat mendaftar ke KPU, aparat keamanan yang bertugas bisa mengawal dan mengatur jalannya proses pendaftaran sehingga bisa berlangsung aman dan lancar, serta jauh dari kemungkinan anarkis.

“Hal ini perlu untuk diperhatikan, karena biasanya di hari terakhir pendaftaran itu para bakal pasangan calon berlomba-lomba mendaftar, ini bisa terjadi persoalan jika waktu daftar hampir bersamaan,” katanya.

Bawaslu sebagai badan pengawas pemilu, kata dia, akan mengikuti dan memantau langsung setiap proses pendaftaran para bakal pasangan calon, dengan harapan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami akan terus dan selalu mengawasi, dari awal hingga akhir. Jadi, sebaiknya para pasangan calon manfaatkan waktu pendaftaran yang ada,” katanya.

Mengenai adanya ketidakpuasan dari bakal pasangan calon jika saja waktu pendaftaran tidak cukup atau KPU menyatakan ada pasangan yang tidak memenuhi syarat, Fegie mengatakan hal itu bisa ditempuh dengan cara elegan.

“Bisa adukan ke Bawaslu untuk tingkat provinsi atau Panwaslu di tingkat kabupaten untuk kemudian diproses lebih lanjut, jangan berbuat hal yang merugikan banyak pihak,” katanya.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Tiga TNI tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tiga anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala dilaporkan tewas da...
Polda Papua tetapkan Jafar Umar Thalib tersangka perusakan di Koya JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua menetapkan Jafar Umar Th...
Kanal: Papua Pilkada