Loading...

Bawaslu Papua: Pendukung Paslon Jangan Anarkis

JAYAPURA (TAJUKTIMUR.COM) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua mengimbau para pendukung pasangan calon (paslon) peserta pilkada tidak anarkis saat mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Iya, sebaiknya bakal calon kepala daerah melaporkan berapa jumlah massa yang ikut mendampingi saat mendaftar ke KPU, agar hal ini bisa diantisipasi oleh aparat keamanan,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Papua Fegie Y Wattimena, di Kota Jayapura, Rabu.

Menurut dia, dengan menginformasikan jumlah massa yang ikut mendampingi saat mendaftar ke KPU, aparat keamanan yang bertugas bisa mengawal dan mengatur jalannya proses pendaftaran sehingga bisa berlangsung aman dan lancar, serta jauh dari kemungkinan anarkis.

“Hal ini perlu untuk diperhatikan, karena biasanya di hari terakhir pendaftaran itu para bakal pasangan calon berlomba-lomba mendaftar, ini bisa terjadi persoalan jika waktu daftar hampir bersamaan,” katanya.

Bawaslu sebagai badan pengawas pemilu, kata dia, akan mengikuti dan memantau langsung setiap proses pendaftaran para bakal pasangan calon, dengan harapan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami akan terus dan selalu mengawasi, dari awal hingga akhir. Jadi, sebaiknya para pasangan calon manfaatkan waktu pendaftaran yang ada,” katanya.

Mengenai adanya ketidakpuasan dari bakal pasangan calon jika saja waktu pendaftaran tidak cukup atau KPU menyatakan ada pasangan yang tidak memenuhi syarat, Fegie mengatakan hal itu bisa ditempuh dengan cara elegan.

“Bisa adukan ke Bawaslu untuk tingkat provinsi atau Panwaslu di tingkat kabupaten untuk kemudian diproses lebih lanjut, jangan berbuat hal yang merugikan banyak pihak,” katanya.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Gempa Magnitudo 6,1 di Papua, BNPB: Jangan Terprovokasi Hoaks JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melaporkan gempa ...
Gempa 6,1 Guncang Papua Sore Ini JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Keerom, Papu...
Kapendam Cendrawasih: Situasi Nduga Berangsur Normal JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, mene...
Pangdam: Tak Ada Warga Sipil Tertembak di Nduga Papua JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring memastikan ti...
Bank Papua di Biak Siapkan Rp100 Miliar untuk Libur Natal BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Manajemen Bank Papua cabang Kabupaten Biak Numfor menyiapkan dana sebesar Rp1...
Kanal: Papua Pilkada