Loading...

Berikan Vaksin MRP, Tim Kesehatan Ini Lakukan Perjalanan 9 Jam

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM – 10 tenaga kesehatan berusaha memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat termasuk layanan imunisasi Measless, Rubella dan Polio (MRP) kepada 162 anak-anak di sekolah dan Puskesmas di Distrik Airu, Kabupaten Jayapura, Papua.

Puskesmas yang berlokasi di distrik Airu ini merupakan layanan non Rawat Inap yang melayani Kabupaten Jayapura dengan wilayah kerja pada Kampung Muara Nawa, Kampung Hulu Atas dan Kampung Aurina.

Suasana Imunisasi Vaksin MRP di Distrik Airu, Papua.

 

Dengan jumlah Penduduk sebanyak 472 Jiwa, 10 petugas kesehatan ini harus melakukan perjalanan dengan waktu tempuh dari Sentani ke Kampung Hulu Atas selama kurang lebih 8-9 jam.

Perlu diketahui, dalam memberikan layanan Imunisasi MRP tersebut, Dinas Kesehatan kabupaten Jayapura, Papua telah mengalokasikan Sweeping imunisasi MRP di wilayah tersebut sejak bulan Agustus 2018.

“Imunisasi MRP ini sangat penting, agar anak-anak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit campak dan rubella serta mencegah Polio yang pada saat yang sama melanda Papua New Guinea (PNG),” ungkap salah satu petugas dari Dinkes Jayapura, Senin (3/9).

Menurutnya, hasil yang dicapai baik oleh tenaga kesehatan airu dan tim dinas kesehatan dalam pelaksanaan imunisasi MRP dapat memberikan Imunisasi terhadap 162 anak.

“Secara kumulatif Distrik Airu telah mencapai 100 persen,” jelasnya.

Tim kesehatan dari Dinkes Kabupaten Jayapura, berikan vaksin MRP kepada 162 anak-anak di sekolah dan Posyandu.

 

Kondisi Geografis, menjadi salah satu faktor penghambat pelaksanaan program ini. Namun dengan kerja keras tenaga kesehatan setempat serta keinginan dalam memberikan layanan imunisasi kepada anak-anak, membuat keadaan ini dapat ditaklukkan dengan strategi dan kerjasama yang baik.

“Semoga dengan tercapaianya hasil baik ini, diharapkan anak-anak di wilayah kerja Puskesmas Airu dapat memiliki kekebalan tubuh yang baik terhadap penyakit Campak, Rubella dan Polio,” harapnya.

Berita Lainnya
BSMI: Warga Sentani Masih Perlu Bantuan Hidup Dasar TAJUKTIMUR.COM, Sentani -- Korban banjir besar di Sentani, Papua masih membutuhkan bantuan kehidupa...
Ini Usulan Langkah Strategis Selesaikan Konflik Separatis di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Serangan kelompok separatis bersenjata di Papua kembali menelan korban 3 o...
KKB Kembali Menyerang, Ini Penjelasan Kapuspen TNI JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi mengatakan pasukan ...
Tiga TNI tewas dalam kontak tembak dengan KKB di Nduga JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Tiga anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala dilaporkan tewas da...
Polda Papua tetapkan Jafar Umar Thalib tersangka perusakan di Koya JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua menetapkan Jafar Umar Th...
Kanal: Papua