Loading...

BI: Perekonomian Papua akan Membaik Setelah Pilkada 2018

JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua memperkirakan pertumbuhan ekonomi yang yang melambat pada triwulan II/2018 akan membaik setelah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Papua, atau pada triwulan III.

“Peningkatan konsumsi pemerintah selepas pelaksanaan Pilkada diperkirakan akan menjadi pendorong pertumbuhan Papua pada triwulan III,” kata Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan KPw BI Papua, Fauzan di Jayapura, Selasa.

Ia menjelaskan secara garis besar BI memandang perekonomian Papua pada triwulan III mengalami perlambatan yang terutama disebabkan ketidakpastian dan terbatasnya kinerja lapangan usaha pertambangan dan penggalian.

Faktor utama penahan pertumbuhan pada triwulan III adalah ekspor yang mengalami kontraksi dan turunnya konsumsi masyarakat sebagai akibat dari normalisasi konsumsi dengan berakhirnya Ramadhan dan perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Investasi dan impor luar negeri diperkirakan meningkat seiring dengan pelaksanaan proyek persiapan transisi pertambangan dan penggalian dari open pit ke pertambangan bawah tanah,” ujarnya.

Fauzan menyebutkan terdapat faktor risiko meningkatnya pertumbuhan ekonomi lebih dari yang diproyeksikan dengan penambahan kuota ekspor konsentrat tembaga hingga Februari 2019 dengan syarat ada perpanjangan izin produksi yang akan berakhir pada Juni 2018.

Selain itu, perlambatan ekonomi Papua akan diikuti dengan perlambatan laju inflasi selama triwulan III yang disebabkan telah berakhirnya masa perayaan Idul Fitri.

“Inflasi komoditas volatile food pada 2018 diperkirakan mengalami kenaikan yang terutama dikarenakan pengaruh rendahnya indeks harga pada mayoritas komoditas pada 2017,” katanya.

Berita Lainnya
Dana Otsus di Asmat Digunakan untuk Mengurangi Kemiskinan ASMAT, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah instansi daerah di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua memanfaatkan dan...
Kebakaran Hanguskan Asrama Gereja Reformasi di Waena JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Asrama Gereja Reformasi Merauke yang terletak di jalan Yoka, Kelurahan Wa...
Menpan-RB: Rekrutmen Calon ASN Papua dilaksanakan Maret 2019 BATAM, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Sy...
KPU Biak Numfor Terima Distribusi Logistik Pemilu 2019 BIAK, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua telah menerima pendi...
Sekda Jayawijaya Perintahkan ASN ikut Perangi Calo Tiket WAMENA, TAJUKTIMUR.COM - Sekretaris Daerah Jayawijaya, Provinsi Papua, memerintahkan aparatur sipil ...
Kanal: Papua